Cara Cat Mobil Sendiri Biar Kinclong dan Mengkilap

Ada banyak cara cat mobil sendiri di rumah yang bisa kamu lakukan. Selain menghemat pengeluaran, mengecat mobil sendiri di rumah juga lebih praktis dan cepat. 

Hasil dari cat mobil sendiri juga bisa sesuai dengan ekspektasi kamu daripada cat di bengkel di mana sering sekali terjadi mis komunikasi antara kamu dan bengkel tentang cat mobil yang kamu inginkan.

Berikut ini ulasan terkait cara mengecat mobil agar mengkilap di rumah biar lebih kinclong dan terlihat seperti baru. Cara mengecat mobil ini juga bisa dilakukan untuk pemula. 

Persiapan mengecat mobil sendiri

Cara mengecat mobil yang benar adalah dengan mempersiapkan segala persiapan sedetail dan selengkap mungkin. 

Hal pertama yang harus diperhatikan dan dipersiapkan adalah ruangan atau tempat di mana kamu akan melakukan pengecatan body mobil.

Disarankan untuk mengecat mobil sendiri di ruangan atau tempat yang tertutup tetapi memiliki sirkulasi udara yang bagus, ruangan atau tempat dengan sistem pencahayaan yang bagus, tidak berdebu, dan juga ada aliran listrik.

Saat sudah menentukan ruangan atau tempat tersebut, lalu tutup interior ruangan tersebut dengan terpal atau bahan lainnya untuk melindungi interior ruangan dari semprotan cat mobil.

Hal ini dilakukan juga untuk meminimalisir debu yang mungkin saja menempel pada cat yang baru disemprotkan.

Selanjutnya, mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mengecat mobil sendiri. Alat dan bahan tersebut terdiri dari:

  • Alat dan bahan untuk mengecat, alat dan bahan yang dibutuhkan seperti kompresor, selang kompresor, dan spray gun atau alat semprot.
  • Cat yang diperlukan seperti pengencer cat atau tiner, cat dasar dan cat utama.
  • Alat dan bahan untuk pengampelasan dan pemolesan, seperti kompon, polyester putty, clear coat, abrasive paper atau ampelas, kain lap yang bersih, koran dan lakban kertas.
  • Alat dan bahan tambahan untuk keamanan selama mengecat mobil sendiri, seperti sarung tangan nitrile, respirator atau topeng gas, masker, dan kacamata pengaman.

Saat menentukan cat dasar dan cat utama, kamu harus benar-benar sudah memikirkannya dengan matang-matang warna cat mobil apa yang memang kamu butuhkan dan inginkan.

Cara cat mobil sendiri biar kinclong dan mengkilap

Untuk melakukan cat mobil sendiri, ada tiga tahapan cat mobil yang harus kamu lakukan. Berikut urutan pengecatan mobil yang benar. Simak baik-baik, ya.

Tahap awal 

1. Lepaskan seluruh komponen atau aksesoris mobil termasuk hiasan dan ornamen. 

Cara cat mobil yang benar yang pertama adalah dengan melepaskan seluruh komponen, termasuk hiasan dan ornamen lainnya yang terbuat dari plastik atau yang mudah dilepas dan dipasang kembali dengan mudah. Untuk melepasnya kamu bisa membacanya dari manual book mobil tersebut.

2. Perhatikan bagian-bagian pada mobil yang telah berkarat

Sebelum mengampelas mobil, sebaiknya kamu melakukan perbaikan pada bagian-bagian mobil yang berkarat tersebut menggunakan gerindra logam. 

Sebelum proses penggerindra tersebut, sebaiknya kenakan peralata keamanan yang telah disiapkan sebelumnya seperti respirator, sarung tangan, dan kacamata.

3. Lakukan proses pengampelasan sampai logam dasar mobil

Lakukan pengampelasan pada bagian mobil yang akan dicat secara merata menggunakan ampelas berukuran 1500 atau mesin ampelas yang sudah dipasang grit dengan tingkat kekerasan 400 atau 600 dengan gerakan memutar dan secara konstan.

Saat melakukan proses pengampelasan ini kamu harus ingat bahwa hasil akhir yang dibutuhkan dari proses ini adalah logam terlihat kusam bukan membuat logam tersebut terpoles dengan halus. Jadi, sebaiknya jangan terlalu keras juga jangan terlalu lembut saat melakukannya.

Setelah itu, kamu bisa mencucinya dengan air bersih pada bagian yang akan di cat dan kemudian dikeringkan dengan kain. Lalu, diamkan selama beberapa saat di bawah sinar matahari sampai benar-benar mengering.

4. Setelah pengampelasan selesai, bersihkan permukaan mobil

Agar tidak meninggalkan minyak dan debu yang menempel pada mobil setelah pengampelasan, kamu bisa membersihkan seluruh permukaan mobil menggunakan alkohol yang sudah didenaturasi.

Tack cloth atau kain khusus pembersih debu ampelas yang telah disiapkan dibasahi terlebih dahulu dengan tiner cat, terpentin, atau alkohol yang sudah didenaturasi tersebut. 

Tahapan awal cara mengecat mobil yang bagus adalah memasang selotip pada kertas di beberapa bagian mobil tertentu.

5. Rekatkan permukaan mobil tertentu dengan selotip dan kertas atau koran bekas

Ada beberapa bagian atau komponen mobil yang sulit untuk dilepas pasang sehingga kamu harus menutupnya menggunakan kertas atau koran bekas yang direkatkan selotip.

Saat permukaan mobil telah mengering selama 5 sampai 10 menit, kamu bisa menempelkan kertas atau koran bekas menggunakan selotip pada permukaan mobil yang tidak ingin dicat. Misalnya saja kaca, trim jendela, kaca spion mobil, dan gagang pintu.

Tahap pengecatan

Selanjutnya adalah cara cat body mobil terpenting dan harus benar-benar kamu perhatikan di setiap prosesnya. 

Untuk memulainya, tidak ada salahnya kamu berlatih menyemprot cat pada lembaran logam lain atau pintu mobil yang sudah tidak terpakai. 

Tujuannya agar kamu lebih percaya diri saat menyemprotkan cat di atas permukaan mobil yang sesungguhnya.

1. Semprotkan lapisan cat dasar

Untuk hasil cat mobil agar mengkilap dan terlihat sempurna, disarankan untuk memilih warna putih atau abu-abu sebagai bahan cat dasar mobil. Lakukan penyemprotan di ruangan atau tempat terbuka agar bisa terkena sinar matahari langsung.

Namun, bila terpaksa melakukannya di ruangan atau tempat tertutup seperti garasi maka sebaiknya tutup terlebih dahulu seluruh interior ruangan seperti yang sudah disarankan sebelumnya. 

Yang terpenting adalah menghindari permukaan mobil akan terkena debu lainnya yang membuat pengerjaan cat body mobil menjadi tidak rapi.

Teknik pengecatan warna dasar ini menggunakan teknik atau gerakan dari sisi ke sisi mulai dari bagian atap mobil hingga ke bawah. 

Untuk mobil berukuran standar, waktu penyemprotan cat dasar ini akan memakan waktu selama 10 sampai 20 menit. Meskipun begitu, pada beberapa kasus cat body mobil ternyata membutuhkan waktu 20 menit sampai 20 menit.

2. Ulangi proses penyemprotan cat tersebut berkali-kali

Misalnya saja diulang sebanyak satu sampai tiga kali untuk memastikan permukaan logam mobil benar-benar telah tertutup merata. Tunggu selama kurang lebih dua jam agar cat benar-benar telah kering.

3. Ampelas kembali mobil dengan ampelas kering atau basah

Setelah cat dasar telah benar-benar kering, kamu bisa mengampelas kembali permukaan mobil yang telah dicat menggunakan grit 1500 sampai dengan 2000. Tujuannya untuk menghilangkan lapisan cat dasar yang bertepung atau bertumpuk.

Oleh sebab itu, proses pengampelasan ini dilakukan secara tipis-tipis saja dari sisi ke sisi dan dari atas ke bawah. 

Selanjutnya, lap seluruh permukaan cat dasar yang telah diampelas tersebut menggunakan kain lap bersih yang telah dibasahkan dengan aseton atau tiner cat dan diamkan selama lima sampai 10 menit.

4. Lakukan pengecatan permukaan mobil menggunakan cat utama 

Campurkan cat utama dengan tiner. Ada beberapa ketentuan dalam mencampurkan cat utama dan tiner.

Apabila cat utama yang digunakan terlalu kental maka rasio campuran cat utama dan tiner adalah 1 : 2. Maksudnya adalah 1 liter cat utama dan 2 liter tiner.

Sedangkan, bila ternyata cat utama yang kamu gunakan sudah encer, maka rasio campuran menjadi 1 : 1 di mana cat utama yang dibutuhkan 1 liter cat dan 1 liter tiner. Yang harus digarisbawahi adalah jangan sampai cat mobil tersebut terlalu encer maupun terlalu kental.

5. Lakukan penyemprotan cat utama dalam satu kali penarikan

Berbeda dengan cat dasar yang membutuhkan lebih dari satu kali penyemprotan, pada cat utama kamu hanya memerlukan satu kali penarikan atau penyemprotan cat saja agar lapisan cat permukan mobil tidak terlalu tebal.

Saat mengecat mobil sendiri, sebaiknya dilakukan secara bertahap dari bagian satu ke bagian lainnya. Hindari melakukan pengecatan mobil sendiri secara melompat-lompat pada bagian satu dengan bagian lainnya.

Setelah cat utama mobil kering karena telah didiamkan selama kurang lebih 1 jam, lakukan pengampelasan kembali sembari menyeka cat dengan tipis dan lembut. 

Sama halnya yang terjadi saat mengecat mobil sendiri menggunakan cat dasar, setelah melapisi permukaan mobil dengan cat utama kamu akan menemukan tepungan atau tumpukan cat pada permukaan mobil.

Ampelas bagian tersebut menggunakan ampelas kering atau basah dengan grit 1500 sampai 2000. Teknik yang digunakan sama dengan teknik saat mengampelas setelah penyemprotan cat dasar. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Tahap finishing

1. Menyemprotkan lapisan varnish bening ke permukaan mobil

Melapisi permukaan mobil dengan lapiran varnish bening ini membantu tampilan mobil lebih mengkilap dan good quality.

Cara membuatnya dengan mencampurkan komponen hardener. Penyemprotan lapisan varnish dilakukan secara merata seperti tenik penyemprotan pada cat dasar dan cat utama. Diamkan mobil selama beberapa saat hingga lapisan tersebut mengering.

2. Ampelas permukaan mobil sampai cat benar-benar halus

Untuk tampilan permukaan mobil yang lebih mengkilap dan glossy, kamu bisa menggunakan clear coat. Nantinya, clear coat tersebut diamplas dengan amplas basah 1500 grit. 

Bukan hanya membuat permukaan mobil lebih mengkilap saja tetapi juga untuk membersihkan permukaan mobil dari kotoran kecil atau ketidaksempurnaan proses pengecatan lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan kompon atau alat pemoles cat kendaraan khusus untuk membuat cat mobil lebih kinclong. Berhati-hati dalam menggunakan mesin buffing dan pemoles agar tidak merusak cat yang sudah sempurna.

3. Jangan gunakan mobil selama kurang lebih satu minggu

Hindari menggunakan mobil meskipun cat sudah kering. Kamu bisa menunda menggunakan mobil dalam waktu satu minggu, ya. 

Kendati demikian, agar cara mengecat mobil sendiri semakin bagus dan maksimal sebaiknya jangan gunakan mobil kesayangan dulu selama kurang lebih satu minggu untuk benar-benar memastikan bahwa seluruh cat mobil telah kering.

Bukan hanya memastikan cat mobil telah benar-benar kering saja, melainkan juga usahakan agar permukaan mobil tidak mudah terkena debu yang gampang menumpuk.

Penting untuk punya asuransi mobil, ini alasannya!

Sekalipun sudah sangat hati-hati dan mengikuti cara cat mobil sendiri di rumah, namanya percobaan pertama mungkin kamu akan melakukan kesalahan yang membuat mobil jadi tergores. 

Agar finansial kamu aman dari biaya perbaikan mobil baret, kamu sebaiknya membeli asuransi mobil. Cek besaran premi asuransi mobil kamu di sini. 

Tips dari Lifepal! Tak ada salahnya melakukan cara mobil sendiri di rumah mengingat biaya cat mobil tidak murah. Sebelumnya kamu juga harus tahu apa saja merk cat mobil yang sesuai dengan selera kamu.

Namun, pastikan kamu sudah mengikuti prosedur-prosedur yang sudah ada, ya. Hal ini dilakukan agar proses pengecatan bisa sempurna dan kamu terhindar dari masalah body mobil baret. 

Biar lebih merasa aman, kamu bisa membeli asuransi mobil yang bisa menanggung semua jenis kerusakan termasuk kerusakan karena baret pada mobil.

Pertanyaan seputar cara cat mobil sendiri

  • Alat dan bahan untuk mengecat, alat dan bahan yang dibutuhkan seperti kompresor, selang kompresor, dan spray gun atau alat semprot.
  • Cat yang diperlukan seperti pengencer cat atau tiner, cat dasar dan cat utama.
  • Alat dan bahan untuk pengampelasan dan pemolesan, seperti kompon, polyester putty, clear coat, abrasive paper atau ampelas, kain lap yang bersih, koran dan lakban kertas.
  • Alat dan bahan tambahan untuk keamanan selama mengecat mobil sendiri, seperti sarung tangan nitrile, respirator atau topeng gas, masker, dan kacamata pengaman.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.