Bisnis  

Cara Agar Hobi Menulis Bisa Jadi Cuan

portalutama.com – Menulis merupakan hobi yang menyenangkan untuk dilakukan bagi sebagian orang. Dimulai dari menulis daftar belanja, suasana hati, keseharian, cerita, hingga menulis konten di akun media sosial pribadi.

Apa pun jenisnya, kita tidak bisa jauh-jauh dari sesuatu yang disebut “menulis”.

Lantas, bagaimana jika dari hobi menulis itu, menjadi sesuatu yang menguntungkan dan menghasilkan uang?

Dalam episode , Zarry Hendrik menjelaskan bahwa dari hobi menulis, seseorang bisa menghasilkan uang. Episode tersebut dapat diakses melalui .

Beberapa cara menghasilkan uang melalui hobi menulis yang dikutip dari Wave ini bisa kamu coba.

1. Membuat Blog

Blogging adalah salah satu cara yang bisa dicoba penulis untuk menghasilkan uang secara online. Mungkin kamu akan bertanya, apakah masih mungkin bagi blogger baru untuk menghasilkan uang dengan semua blog online, dan jawabannya adalah YA.

Yang diperlukan bagi penulis adalah konsistensi dan dedikasi untuk menulis blog.

Kamu bisa mendesain blog sesuai selera, menulis hal yang disuka seperti menulis cerita dan artikel. Setelah kamu berhasil membuat blog, jangan lupa untuk mengunggah secara teratur.

Tidak ada blog yang sukses dalam semalam, tetapi kamu bisa menghasilkan banyak uang dari blogging dengan sedikit waktu dan konsistensi.

2. Menerbitkan Buku

Menerbitkan buku adalah pengalaman yang sangat berharga, karena kamu memiliki kendali atas setiap langkah prosesnya.

Namun, menerbitkan buku bisa menjadi pedang bermata dua. Setelah memulai jalan menuju publikasi mandiri, banyak penulis menyadari bahwa meskipun mereka suka menulis, mereka tidak suka terobsesi dengan pilihan font dan margin, sampai sampul buku.

Selain itu, menerbitkan buku harus memperhatikan bahwa kamu juga perlu mempromosikan buku-buku kamu agar laku terjual.

3. Membuat Konten Afiliasi

Pasti kita tidak asing lagi dengan konten afiliasi seperti di beberapa marketplace.

Konten afiliasi berarti kamu akan bermitra dengan perusahaan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka dan mendapatkan komisi atas setiap penjualan yang dihasilkan.

Konten pemasaran afiliasi adalah cara terbaik untuk menghasilkan pendapatan pasif di blog atau situs web.

Tentu membutuhkan sedikit strategi, tetapi begitu kamu bisa mengembangkan rencana dan mengimplementasikan konten afiliasi, kamu bisa menghasilkan uang bahkan saat sedang tidur.

4. Menulis Skrip untuk Pembuat Video

Jika kamu memahami teknis penulisan naskah, kamu dapat menghasilkan uang dengan pembuat konten video. Pembuat konten video tentu membutuhkan penulis skrip agar hasil video sesuai dengan draft yang ada.

Kamu juga dapat mengambil inisiatif dan menjangkau beberapa pembuat konten yang pekerjaannya kamu sukai untuk melihat apakah mereka dapat membantu dalam penulisan naskah.

5. Tulis Catatan Acara untuk Podcast

Catatan adalah sumber online tertulis untuk pendengar podcast yang menyertai setiap episode podcast. Setiap podcast menampilkan catatan sedikit berbeda, tetapi biasanya, itu merupakan ringkasan episode yang singkat dan mudah dipindai.

Kamu dapat menemukan pekerjaan menulis catatan acara di papan kerja, atau mengirimkan penawaran ke podcaster yang ingin kamu ajak bekerja sama sebagai penulis lepas.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengubah tulisan kamu menjadi uang.

Simak obrolan menarik lainnya dalam siniar CUAN episode di Spotify.

Ikuti juga siniarnya agar kamu tidak tertinggal episode terbaru CUAN yang membahas seputar finansial, keuangan, dan bisnis melalui tautan berikut .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!