Car Crash Test: Apa Manfaatnya Bagi Konsumen?

Car crash test merupakan sebuah pengujian yang berfungsi untuk mengukur seberapa aman mobil saat menghadapi sebuah kecelakaan. Umumnya, pengujian ini dilakukan pada mobil baru yang hendak dijual kepada pengguna.

Selain itu, pengujian ini tidak bisa dilakukan sembarangan dan hanya bisa dilakukan oleh New Car Assessment Program (NCAP). Namun seberapa pentingkah car crash test dan NACP untuk menjamin keselamatan pengguna? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini!

Mengenali sistem car crash test

Salah satu sistem quality control pada mobil yang hendak dijual bebas di pasaran untuk menjamin agar sesuai dengan standar keamanan yang berlaku, yaitu adalah car crash test. Pengujian ini disupervisi secara langsung oleh New Car Assessment Program (NCAP).

Pada tahun 2017, NCAP memiliki sistem penilaian baru untuk car crash test speed sebagai kontribusi untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang melibatkan nyawa seseorang. 

Dimana sistem penilaian dari NCAP untuk pengujian ini akan menitikberatkan pada Adult Occupant Protection (AOP) dengan kontribusi 50 persen dan Child Occupant Protection (COP) memiliki komposisi 25 persen.

Ini menjadi salah satu langkah untuk meyakinkan pengguna jika mobil yang dikendarai menyediakan perlindungan terbaik dalam kondisi darurat tidak hanya pada orang dewasa namun juga anak-anak.

Apabila mengacu dengan sistem yang diterapkan oleh NCAP, maka ada tiga aspek yang akan dinilai dalam car crash test, diantaranya adalah:

1. Perlindungan penumpang dewasa (adult occupant protection)

Sistem car crash test yang akan dilakukan biasanya adalah penilaian untuk aspek Adult Occupant Protection. Biasanya, proses ini akan menggunakan dunny seukuran orang dewasa dan ditempatkan pada kursi depan (pengemudi) dan belakang (penampang).

Kemudian, mobil akan digerakkan otomatis dan dibenturkan secara sengaja dari arah depan dan samping secara keras.

Pada hasil benturan yang diberikan, maka akan diperiksa apakah dummy yang diujikan mengalami dampak benturan yang para ataukah tidak khususnya pada bagian kepala, badan dan juga leher.

Jika benturan yang diberikan tampak parah terlebih pada bagian kepala, maka poin yang akan didapatkan pastinya akan kecil dalam penilaian bahkan bisa mencapai nol.

Dimana, uji tabrak pada bagian depan dan samping ini memiliki poin maksimal untuk masing-masingnya adalah 16 poin serta memiliki bobot 50 persen untuk keseluruhan hasil penilaian di uji tabrak.

 

2. Perlindungan penumpang anak-anak (child occupant protection)

Aspek lainnya yang masuk ke dalam penilaian car crash test yaitu adalah perlindungan penumpang anak-anak. Hampir sama dengan aspek sebelumnya, pada pengujian ini akan dinilai seberapa aman sebuah mobil terhadap anak-anak saat terjadi benturan.

Pada penilaian ini, dummy yang digunakan diletakkan pada baby car seat lalu kembali dibenturkan ke arah depan dan samping. Barulah setelah itu, dilakukan 3 penilaian dari aspek ini yang meliputi:

  • Dynamic Assessment: poin maksimal 24.
  • CRS Installation Assessment: poin maksimal 12.
  • Vehicle Based Assessment: Poin maksimal 13.

Semua aspek ini akan berkontribusi sebanyak 25 persen dari total penilaian car crash test yang telah dilakukan.

3. Kelengkapan fitur keselamatan

Hal terakhir dalam sistem penilaian car crash test yang juga masuk ke dalam penilaian yaitu adalah kelengkapan fitur keselamatan. Semakin banyak fitur keselamatan yang dapat melindungi penumpang dan berfungsi dengan baik, maka akan semakin besar juga poin yang didapatkan.

Beberapa aspek penilaian yang menjadi fokus utama dalam mengetahui kelengkapan fitur keselamatan yang dimiliki antara lain adalah:

  • Effective Braking and Avoidance (EBA): poin maksimal 8.
  • Seat Belt Reminders (SBR): Poin maksimal 6.
  • Blind Spot Technology (BST): Poin yang didapatkan 2.
  • Advanced Safety Assist Technology (SATs): poin yang didapatkan 2.

Sama halnya seperti aspek perlindungan penumpang anak-anak, kontribusi bobot penilaian terhadap keseluruhan tim yaitu adalah 25 persen.

Semua aspek dalam sistem penilaian car crash test ini kemudian akan digabungkan dan dihitung sesuai dengan poin yang didapatkan. Hasil poin ini akan menjadi acuan terhadap bintang yang diberikan. 

Sesuai dengan standar NCAP, berikut adalah komposisi penilaian total poin sesuai dengan bintang yang diberikan, diantaranya yaitu:

  • Penilaian bintang 1 (minimal total poin 30 persen).
  • Penilaian bintang 2 (minimal total poin 40 persen).
  • Penilaian bintang 3 (Minimal total poin 50 persen).
  • Penilaian bintang 4 (Minimal total poin 65 persen).
  • Penilaian bintang 5 (Minimal total poin 75 persen)

Semakin tinggi poinnya, maka akan semakin besar juga bintang yang diberikan. Hal ini tentu menunjukkan bahwa kendaraan tersebut memiliki fitur keamanan yang lengkap.

Jadi pemilik mobil tidak hanya mempertimbankan harga, fungsi dan jenis mobil tapi juga aspek keselamatan dalam berkendara.

Apa itu NCAP?

Seluruh proses car crash test, diregulasi secara resmi langsung oleh NCAP.  NCAP adalah singkatan dari New Car Assessment Program yang berfungsi sebagai pedoman rangkaian pengujian berbagai faktor keselamatan mobil baru dalam skala internasional.

Selain itu NCAP juga merupakan badan independen yang bertujuan untuk membantu produsen mobil di seluruh penjuru dunia untuk terus meningkatkan fitur dan teknologi keselamatan pada produk kendaraan yang dirilis demi kebaikan para penggunannya.

Awal mulanya, NCAP pertama kali dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat untuk melakukan car crash test (uji tabrak) pada mobil-mobil baru yang hendak dipasarkan di sana pada tahun 1979.

Bahkan terhitung sejak pertama kali berdiri NCAP telah menghancurkan ribuan mobil selama puluhan tahun beroperasi untuk memastikan kriteria keselamatan yang tepat bagi para konsumen.

Bahkan tidak hanya menguji mobil saja, secara tidak langsung tentu NCAP memiliki peran yang krusial untuk meningkatkan standar keamanan dan keselamatan dalam sebuah mobil agar semakin nyaman saat dikendarai.

Tips dari Lifepal! Car crash test merupakan sebuah pengujian yang berfungsi untuk mengukur seberapa aman mobil saat menghadapi sebuah kecelakaan. Umumnya, pengujian ini dilakukan pada mobil baru yang hendak dijual kepada pengguna.

Oleh sebab itulah, sangat penting untuk mempertimbangkan penilaian aspek ini pada mobil yang hendak kamu beli.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Kenapa asuransi mobil itu penting?

Asuransi mobil merupakan hal yang harusnya dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan. Hal ini tentu tidak terlepas dari berbagai manfaat dan keuntungan yang ditawarkannya. 

Sebab secara garis besar, asuransi mobil akan menjamin penjagaan atas terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan suatu hari nanti. 

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi mobil ini meliputi ganti rugi atas resiko kerusakan kendaraan serta melindunginya dari resiko tindak kriminal serta tanggung jawab pihak ketiga jika dibutuhkan.

Tentu hal ini dapat menjadi solusi untuk menjaga kondisi finansialmu saat terjadi kerugian yang seringkali membutuhkan biaya yang sangat besar.

Biaya servis mobil dan perawatan juga tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Berapa uang pertanggungan asuransi kamu?

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

 

Pertanyaan seputar car crash test

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.