Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi Honda dan Bengkel Umum

Secara garis besar, biaya tune up mobil di bengkel resmi Honda mulai dari Rp3 jutaan tergantung dari jenis mobil Hondanya.

Biasanya, pemilik mobil wajib melakukan servis mobil Honda rutin minimal satu tahun sekali. Misalnya saja seperti mengganti beberapa spare part mobil seperti saringan udara dan membersihkan atau mengganti busi. 

Harga tune up mobil di bengkel resmi Honda dan di bengkel spesialis mobil Honda berbeda cukup jauh. Berapa besaran biaya tune up mobil di bengkel resmi Honda dan bengkel spesialis Honda? Ini penjelasannya.

Biaya tune up mobil di bengkel resmi Honda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa biaya tune up mobil di bengkel resmi Honda rata-rata mulai dari Rp3 juta. 

Biaya ini sejalan dengan kualitas spare part dan dikerjakan oleh mekanik yang sudah terjamin kredibilitasnya. Berikut ini biaya tune up mobil di bengkel resmi Honda untuk setiap jenisnya.

1. Biaya tune up mobil Honda HRV di bengkel resmi

Mobil Honda HRV tipe CVT dan M/T dengan kilometer 10.000 akan dibebankan biaya servis sekitar Rp1,2 jutaan. 

Sementara itu, bila mobil sudah menempuh jarak tempuh 40.000 kilometer maka biaya servis mobil Honda dibebankan biaya sekitar Rp2,4 jutaan untuk mobil Honda HRV tipe CVT dan Rp1,4 jutaan untuk mobil Honda HRV tipe M/T.

2. Biaya tune up mobil Honda Brio di bengkel resmi

Jenis mobil hatchback yang diproduksi Honda yaitu Honda Brio menjadi mobil Jepang yang digandrungi oleh anak muda. Biaya tune up-nya justru lebih murah dibandingkan yang lain.

Biaya servis mobil Honda Brio tipe RS dan RS CVT yang sudah menempuh jarak 10.000 kilometer sekitar Rp965 ribuan. Mobil Honda Brio tipe S, E, dan E CVT dengan jarak tempuh yang sama dibebankan biaya servis mobil sebesar Rp624 ribuan.

Sedangkan saat mobil sudah menempuh jarak tempuh 40.000 kilometer, maka biaya servis mobil Honda semakin mahal. Untuk tipe RS dan RS CVT dibebankan biaya sebesar Rp1,4 jutaan, sedangkan tipe S, E, dan E CVT dibebankan biaya sebesar Rp762 ribuan.

3. Biaya tune up mobil Honda Mobilio di bengkel resmi

Mobil Honda Mobilio menjadi salah satu jenis mobil MPV yang cocok untuk keluarga. Lantas, berapa biaya tune up mobil Honda Mobilio di bengkel resmi?

Mobil Honda Mobilio dengan jarak tempuh 10.000 kilometer dibebankan biaya servis mulai dari Rp1 jutaan sampai Rp1,2 jutaan. Adapun Mobilio yang sudah mencapai jarak tempuh 40.000 kilometer dibebankan biaya sebesar Rp2 jutaan sampai Rp2,1 jutaan.

4. Biaya service mobil honda CR-V di bengkel resmi

Harga tune up mobil Honda CR-V di bengkel resmi untuk mobil dengan jarak tempuh 10.000 kilometer dan 50.000 kilometer untuk tipe CR-V A/T dan M/T dibebankan biaya Rp1,3 jutaan dan jarak tempuh 40.000 kilometer dibebankan biaya Rp2,1 jutaan.

Adapun mobil CR-V tipe CVT dengan jarak tempuh 10.000 kilometer dibebankan biaya Rp1,5 jutaan dan jarak tempuh 40.000 kilometer dibebankan biaya sebesar Rp2,2 jutaan.

Biaya tune up mobil di bengkel umum 

Namun, bila sulit menemukan bengkel resmi Honda di sekitar, kamu bisa melakukan servis mobil di bengkel tune up mobil terdekat. Sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan biaya tune up mobil di bengkel resmi Honda dan bengkel spesialis mobil Honda.

Berikut ini detail paket tune up mobil di Honda Camp yang merupakan salah satu bengkel spesialis mobil Honda di Bekasi.

1. Paket service mobil Honda Rp1,3 juta

Servis mobil Honda di Honda Camp dengan biaya servis mobil sebesar Rp1,3 juta meliputi filter oli, servis tune up, ganti oli mesin mobil, servis rem dan minyak rem serta membersihkan throttle body dan injector. Kamu bisa mengganti oli mesin mobil dengan oli mobil 1 5W-30 atau 0W-20.

2. Paket service mobil Honda Rp1,5 juta

Untuk paket services Honda Rp1,5 juta, jasa servis yang diterima di antaranya filter oli, servis tune up, ganti oli mesin mobil, servis rem dan minyak rem, membersihkan throttle body dan injector, ditambah servis AC mobil.

Perbaikan AC mobil yang dimaksud adalah servis AC mobil ringan, membersihkan evaporator, filter kabin dan blower sampai kondensor.

3. Paket service mobil Honda Rp1,6 juta

Sementara itu, paket servis mobil Rp1,6 juta di bengkel Honda Camp meliputi filter oli, servis tune up, ganti oli mesin mobil, servis rem dan minyak rem, membersihkan throttle body dan injector, dengan tambahan servis ganti oli transmisi untuk tipe mobil matic dan CVT.

Bagian penting yang dikerjakan saat tune up

Tujuan servis tune up untuk merawat mesin mobil agar tetap prima. Apakah servis tune up sama dengan servis mobil biasa? Rupanya kedua jenis servis ini berbeda sekalipun memiliki tujuan yang sama.

Para teknisi harus memiliki kemampuan penyetelan, penggantian komponen, dan membersihkan beberapa bagian spare part mobil. Dibandingkan servis mobil biasa, servis tune up diklaim lebih mampu meningkatkan performa mobil dengan catatan teknisi mampu melakukan penyetelan dengan baik.

Karena tujuannya untuk mengembalikan mesin mobil seperti mesin mobil keluaran pabrik pertama kali, maka ada banyak komponen mobil yang harus diperiksa dan dirawat, di antaranya:

  • Membersihkan filter udara,
  • Mengganti oli dan filter mesin mobil,
  • Membersihkan injektor,
  • Membersihkan busi,
  • Mengganti filter bahan bakar,
  • Membersihkan filter AC mobil,
  • Membersihkan throttle body,
  • Membersihkan dan menyetel rem mobil,
  • Membersihkan ruang bakar, dan
  • Scanning sistem injeksi.

Untuk beberapa kasus khusus, ada penanganan khusus untuk filter dan busi yang dirasa sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki. Maka para teknisi akan merekomendasikan untuk menggantinya.

Mengingat perbedaan harga tune up mobil di bengkel resmi honda dan harga tune up di bengkel spesialis mobil Honda berbeda lumayan jauh, tentu membuat kamu sulit memutuskan memilih bengkel mana yang terbaik untuk melakukan servis tune up mobil.

Tips dari Lifepal! Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pilih bengkel tune up mobil terdekat dari tempat tinggal kamu. Lalu, cari tahu bagaimana kualitas pengerjaan perbaikan dan seperti apa pengalaman para teknisi. 

Pastikan juga bahwa bengkel tersebut menjual spare part dengan merek yang sama dengan merek mobil kamu.

Terakhir adalah pilih bengkel mobil servis yang rekanan dengan asuransi mobil kamu agar kamu tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk melakukan servis tune up mobil. 

Manfaatkan asuransi mobil untuk mengcover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa mengcover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar biaya tune up mobil di bengkel resmi honda

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *