Berapa Biaya Operasi Wasir dengan Laser? Ini Estimasinya

Saat seseorang menderita wasir, salah satu metode pengobatannya adalah operasi dengan laser. Biaya operasi wasir dengan laser akan berbeda dengan biaya metode pengobatan lainnya untuk wasir.

Wasir atau yang dalam istilah medis disebut juga dengan sebutan Hemoroid, adalah pembengkakan atau pembesaran pada pembuluh darah di bagian akhir usus besar (rektum) dan anus. 

Sebenarnya, kondisi yang secara umum dikenal juga dengan sebutan ambeien ini biasanya tidak terlalu mengganggu. 

Namun pada saat-saat tertentu, wasir juga bisa menimbulkan keluhan berupa rasa tidak nyaman, gatal, serta perdarahan dari anus.

Karena itu, tak heran jika banyak penderita wasir yang akhirnya memutuskan untuk melakukan pengobatan, dengan menjalani tindakan operasi.

Biaya operasi wasir dengan laser

Ketika menderita wasir atau ambeien, tidak cukup berkonsultasi ke dokter umum saja. Kamu harus menemui dokter spesialis ambeien atau yang disebut juga dengan spesialis penyakit dalam.

Kalau sudah didiagnosis menderita wasir dan perlu operasi, maka operasi akan dijalankan oleh dokter spesialis bedah penyakit dalam.

Perlu diketahui, biaya operasi wasir jika dibayar secara mandiri nyatanya lumayan besar dan cukup menyita kantong. Berikut gambaran biaya operasi wasir dengan laser baik di klinik maupun rumah sakit.

Biaya operasi wasir laser di rumah sakit

Dikutip dari Alodokter, berikut ini estimasi biaya untuk mengobati wasir dengan metode laser.

Rumah Sakit Biaya Operasi Laser
RS EMC Sentul Rp13 juta
RS Hermina Jakarta Timur Rp12,5 juta sampai Rp28 juta
RS Edelweiss Bandung Rp13,5 juta
RS Manyar Medical Center Rp5,4 juta
RSU Banyumanik Rp3,8 juta
RS Randegansari Husada Gresik Rp9,1 juta
RS Mulia Pajajaran Rp29,3 juta
RS Sumber Kasih Rp4,3 juta
RS Ukrida Rp7,2 juta
Siloam Hospitals TB Simatupang Rp17 juta
RS Delima Asih Sisma Medika Rp4,9 juta
RS Balimed Denpasar Rp11,1 juta
RSU Banyumanik 2 Rp3,8 juta
RS Brawijaya Duren Tiga Rp16,5 juta
RS Ananda Babelan Rp4,46 juta
Siloam Hospitals Surabaya Rp11 juta
RS Islam Jombang Rp3,8 juta
RSIA Bina Medika Bintaro Rp7,9 juta
RS Premier Surabaya Rp46 juta
RS Premier Bintaro Rp20,9 juta
RS Parindu Rp2,5 juta
RS Arsani Rp5,7 juta
RS Bedah Hasta Husada Rp15,6 juta

Biaya operasi wasir laser di klinik

Selain di rumah sakit, operasi laser untuk pengobatan ambeien juga bisa dilakukan di sejumlah klinik. Berikut ini daftar harganya.

  • Biaya operasi di klinik wasir Safute: berkisar antara Rp7,5 juta – Rp10 juta
  • Biaya operasi di Rumah Wasir: Rp7,5 juta
  • Klinik SamMarie Wijaya, Jakarta: mulai kisaran Rp15 juta

Bisakah bayar biaya operasi wasir dengan BPJS?

Sama seperti tindakan medis pada penyakit lainnya, pertanyaan mengenai kesediaan pengobatan wasir dengan layanan BPJS juga sering jadi pertanyaan yang banyak muncul.

Beruntungnya, penyakit satu ini jadi salah satu jenis kondisi yang masuk dalam tanggungan program BPJS Kesehatan. 

Sehingga, apabila sudah menjadi peserta BPJS, tentu tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya operasi ambeien hingga belasan bahkan puluhan juta yang perlu dikeluarkan.

Perlu dipahami, tindakan pengobatan wasir yang ditanggung oleh BPJS adalah biaya pengobatan utama seperti operasi. Sedangkan biaya tambahan semisal peralatan tidak menjadi tanggungan BPJS.

Penyebab penyakit wasir

Kebanyakan orang mungkin bertanya-tanya, apa biasanya yang menjadi faktor atau penyebab utama seseorang mengalami kondisi wasir. 

Pada dasarnya, kondisi satu ini dapat muncul karena pola makan yang tidak sehat, seperti kurangnya serat di dalam tubuh serta kebiasaan duduk yang terlalu lama.

Namun secara medis, kondisi ini juga kerap terjadi karena aliran darah pada pembuluh darah balik atau vena terhambat. 

Hal tersebut yang dapat menimbulkan pembengkakan dan peradangan pada anus, atau daerah rektum tempat pembuluh darah ini berada. Lebih detail, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pemicu timbulnya wasir:

  • Berat badan berlebihan
  • Pola makan tidak seimbang yang dibarengi kurangnya konsumsi makanan berserat
  • Memiliki riwayat penyakit wasir di keluarga
  • Kondisi kehamilan atau hormonal
  • Penyakit diare yang berlangsung dalam jangka panjang
  • Kebiasaan duduk terlalu lama
  • Terbiasa untuk mengejan dengan keras pada saat buang air besar
  • Sembelit atau konstipasi yang berulang kali terjadi
  • Lanjut usia
  • Sering mengangkat beban berat

Prosedur operasi wasir dengan laser

Operasi wasir menggunakan laser akan dilakukan oleh dokter spesialis bedah. Dalam dunia medis, operasi ini disebut juga dengan istilah Hemorrhoidoplasty yang dijalankan menggunakan suatu alat bernama laser diode. 

Metode ini dilakukan dengan mereduksi jaringan hemoroid atau wasir itu sendiri, dengan tidak menyentuh daerah anoderm pada bagian anus, dan melakukan rekonstruksi anatomi secara alami atau natural.

Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan laser ke dalam hemoroid. Kemudian hemoroid akan dikempiskan dengan menggunakan energi laser hingga pembuluh darahnya mengecil sekitar 40-60 persen.

Mengenai waktu yang dibutuhkan, tindakan ini biasanya dilakukan selama 15-30 menit. Sementara itu pengecilan sempurna pada pembuluh darah akan terjadi dalam waktu 4-8 minggu.

Efek samping operasi ambeien dengan laser

Dalam setiap tindakan medis, tentu akan ada beberapa kondisi pasca tindakan yang dikenal dengan istilah efek samping. Lalu, apa efek samping yang mungkin terjadi setelah selesai menjalani prosedur operasi wasir?

Diketahui jika efek samping yang dirasakan oleh pasien biasanya tergantung pada kondisi kesehatan dan tingkat keparahan wasir yang dimiliki. Berikut beberapa contoh efek samping yang mungkin dirasakan:

  • Sulit buang air baik kecil atau besar 
  • Sulit untuk menahan buang air kecil maupun besar
  • Mengalami pendarahan dan keluarnya cairan bening atau kuning dari anus
  • Perasaan sakit atau nyeri pada anus
  • Perasaan tidak nyaman saat duduk atau dalam kondisi bokong tertekan

Pentingnya pakai asuransi kesehatan

Dari gambaran informasi di atas, kita bisa mengetahui seperti apa kondisi atau prosedur operasi wasir dengan laser yang saat ini bisa dijalani di Indonesia.

Memang, tindakan medis satu ini sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun, biasanya operasi wasir akan diikuti dengan efek samping yang membuat tubuh dan aktivitas tidak nyaman setelahnya untuk beberapa saat.

Karena BPJS Kesehatan hanya menanggung pengobatan utama, maka pasien tidak bisa berharap lebih untuk fasilitas penunjang seperti rawat inap dengan layanan yang membuat tubuh nyaman, dan sebagainya.

Pelayanan nyaman pasca operasi wasir dengan laser sejatinya sangat mungkin didapat jika mampu membayar biaya perawatan secara mandiri, atau setidaknya tercover oleh layanan asuransi. 

Karena itu, sangat penting untuk memiliki asuransi yang memberikan pelayanan kesehatan penuh. Untuk lebih jelasnya tentang asuransi kesehatan, simak video berikut ini.

FAQ seputar biaya operasi wasir dengan laser

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.