Bisnis  

Apa Nama Mata Uang Resmi Negara Timor Leste?

portalutama.com – Mata uang Timor Leste yaitu dollar Amerika Serikat (AS). Dengan begitu, nama mata uang Timor Leste adalah dollar AS.

Dollar AS menjadi mata uang resmi Timor Leste yang berlaku saat ini, sebagaimana dikutip dari laman resmi bank sentral Timor Leste (Banco Central de Timor-Leste) pada Rabu (16/11/2022).

Laman tersebut menegaskan bahwa dollar AS merupakan alat pembayaran yang sah untuk semua pembayaran yang dilakukan secara tunai.

Dengan kata lain, Timor Leste menjadi salah satu negara yang menggunakan mata uang dollar AS sebagai mata uang resmi di negaranya.

Sejalan dengan itu, sejak 10 November 2003 Banco Central de Timor-Leste mengeluarkan koin yang dikenal sebagai “centavos” yang dicetak khusus untuk digunakan di negara tersebut.

Ada koin yang dicetak dengan tahun penerbitan 2003, 2004, 2005, 2006, 2011, 2012, 2013 dan 2017. Koin ini berlaku bersamaan dengan penggunaan uang kertas dollar AS.

Koin tersebut terdiri dari denominasi 1 centavo, 5 centavos, 10 centavos, 25 centavos, 50 centavos, 100 centavos, dan 200 centavos.

Lantas 1 centavos berapa rupiah ? Centavos nilainya setara dengan sen Amerika Serikat. Artinya, 100 centavos Timor Leste setara dengan 100 sen Amerika Serikat.

Sejarah mata uang resmi Timor Leste

Sebelum memisahkan diri dari Indonesia, wilayah Timor Leste yang dulunya adalah Provinsi Timor Timur tentu saja menggunakan mata uang rupiah.

Negara ini memilih menggunakan dollar AS sebagai mata uang resmi setelah berpisah dari Republik Indonesia. Artinya, rupiah tidak dijadikan nama mata uang Timor Leste.

Sejak saat itu, mata uang Timor Leste yaitu dollar AS. Alhasil, Timor Leste secara resmi menjadi negara yang menggunakan mata uang dollar AS.

Dikutip dari laman Peacekeeping Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), dollar AS dipilih sebagai mata uang resmi di Timor Leste sejak tahun 2000 dengan dikeluarkannya Regulation 2000/7 pada 24 Januari 2000.

Aturan tersebut berbunyi, bahwa semua transaksi resmi harus menggunakan dollar AS. Namun begitu, masyarakat masih diperbolehkan menggunakan mata uang lain yang juga masih beredar cukup banyak seperti rupiah, bath (Thailand), escudo (Portugis), dan dollar Australia.

Saat itu, UNTAET (PBB) dan pemerintahan transisi Timor Leste beralasan, dollar AS dipilih karena mata uang tersebut stabil dan kuat serta diterima di seluruh dunia.

Keputusan itu kemudian disahkan oleh National Concultative Council (NCC) yang wewenang dan tugasnya mirip dengan MPR RI di Indonesia.

Itulah sejumlah ulasan mengenai mata uang resmi Timor Leste dan sejarahnya. Perlu diingat, selain dollar AS, di Timor Leste juga berlaku uang koin centavos.