Apa Itu Mobil Coupe? Ini Pengertian, Harga, dan Jenisnya

Mungkin banyak diantara kamu yang bertanya-tanya apa itu mobil coupe? Nah, Coupe sendiri diadaptasi dari bahasa Prancis yang mana merupakan mobil dengan model dua pintu.

Coupe di Indonesia terdiri dari lima varian dengan berbagai jenisnya. Mobil ini memang dibanderol dengan harga yang tinggi dengan harga termurahnya Rp800 Jutaan.

Nah, agar kamu lebih mengetahui tentang mobil ini, artikel berikut akan membahas seputar mobil coupe dari spesfikasi hingga harga mobil ini di pasaran. 

Apa itu mobil Coupe?

Mobil Coupe adalah mobil dengan model dua pintu. Asal mula mobil jenis ini diawali dari mobil yang umum digunakan pada abad ke-19.

Pada masa itu, istilah ‘coupe’ yang berasal dari bahasa Perancis merujuk pada kereta kuda yang dipotong (coupe) bagian belakangnya hingga menyisakan tempat duduk dengan kapasitas 2 orang saja.

Seiring perkembangan zaman, istilah ini dirujuk pada mobil 2 pintu dan 2 jok depan saja (2 seat). Akan tetapi, definisi ini mulai tidak berlaku karena berbagai pabrikan sudah memiliki filosofi sendiri terkait kata coupe. 

Saat ini banyak beredar coupe dengan kabin besar dan memiliki empat pintu, sebut saja Mercedes Benz GLC Coupe, BMW X6 atau Toyota C-HR (Coupe-High Rider).

Harga mobil Coupe di Indonesia

Berikut akan dipaparkan harga mobil coupe terbaik yang penting untuk kamu ketahui sebelum kamu akan membelinya..

Jenis mobil Harga
Audi R8 Rp 7,5 – Rp 8,5 Miliar
BMW 4 Series Coupe Rp 1,29 Miliar
Audi TTS Coupe Rp 1,82 Miliar
Mercedes Benz CLS-Class Rp 1,78 Miliar
Audi TT Coupe Rp 1,42 Miliar
Lamborghini Aventador Rp 8,7 Miliar
Maserati GranTurismo Rp 3,5 – Rp 3,96 Miliar
Porsche 911 Rp 3,3 – Rp 5,9 Miliar
Rolls Royce Wraith Rp 25 Miliar
Aston Martin Vantage Rp 4,3 – Rp 6 Miliar
Bentley Continental Rp 4,07 – Rp 8 Miliar
Aston Martin Vanquish Rp 9 – Rp 11,8 Miliar

Dari daftar harga di atas, bisa dilihat kalau kendaraan jenis ini umumnya memiliki harga yang cukup mahal. Tapi, sebagai alternatif, ada juga coupe yang lebih low budget dengan kapasitas dua penumpang.

Berikut ini daftar mobil coupe termurah yang bisa dijadikan alternatif.

Jenis Mobil Harga
Toyota 86 Rp 775,75 Juta
Mazda MX-5 RF Rp 808,5 Juta
Mini Cooper 3 Door Rp 765 Juta
Volkswagen Scirocco Rp 509 juta
Renault Clio R.S Rp 662 Juta
Daihatsu Copen Mulai dari Rp 250 Juta

Jenis mobil Coupe di Indonesia

Coupe memiliki berbagai jenis yang didesain dengan ukuran kecil menyerupai sedan namun hanya memiliki dua buah pintu dan jok penumpang. Tapi, ada juga beberapa jenis yang memiliki empat jok penumpang. 

Untuk lebih jelasnya, simak daftar jenis mobil Coupe berikut ini.

1. Notchback Coupe

Coupe jenis ini memiliki bagasi datar seperti halnya tipe kendaraan sedan. Karena berbasis sedan, bentuknya ini juga umum disebut dengan jenis sedan mobil 2 pintu. Adapun contoh dari coupe jenis ini diantaranya:

  • BMW Seri 3 Coupe
  • Mercedes Benz CL, CLK dan E-Class Coupe
  • Audi A5
  • Nissan Silvia
  • Peugeot 406 Coupe 

2. Fastback Coupe

Coupe satu ini juga memiliki 2 pintu, namun kaca belakangnya berbentuk miring atau landai sehingga bagasi lebih kecil. Contoh Fastback Coupe adalah Ford Mustang serta berbagai model Ferrari dan kendaraan listrik Tucuxi. 

3. Liftback Coupe

Mobil jenis ini memiliki 3 pintu, yakni dua pintu untuk penumpang dan satu pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang miring/ landai yang bisa terbuka ke atas. 

Model Liftback tidak hanya memiliki desain yang cantik namun juga praktis. Beberapa contoh Liftback Coupe antara lain:

  • Toyota Celica
  • Scion tC
  • Toyota Supra

4. Convertible Coupe

Jenis convertible ini merupakan mobil yang atapnya bisa dibuka dengan cara dilipat atau dilepas. Mobil ini disebut juga dengan Cabriolet. 

Ada yang memiliki empat tempat duduk, ada juga yang hanya memiliki dua tempat duduk, contohnya seperti mobil Roadster.

5. Coupe empat pintu

Kendaraan jenis ini ini sebenarnya tidak termasuk sebagai coupe karena memiliki empat pintu. Akan tetapi, ada juga kendaraan empat pintu yang dianggap sebagai coupe, khususnya model sedan sport.

Sedan sport yang termasuk sebagai coupe empat pintu biasanya dengan atap rendah sehingga menyerupai notchback coupe atau fastback coupe. Contoh mobil yang termasuk jenis ini yakni Mercedes Benz CLS.

Alasan mahalnya mobil Coupe di Indonesia

Melihat daftar harga coupe pada tabel sebelumnya, BMW 4 Series menjadi coupe termurah yakni Rp1,29 Miliar. Walaupun harga termurah itu memang terbilang mahal jika kita bandingkan dengan mobil biasa. Lalu kenapa coupe mahal?

Dunia otomotif Indonesia mengenal yang namanya CBU (completely built-up) dan CKD (completely knock down, termasuk SKD yaitu semi knock down). 

CBU sendiri berarti mobil yang diimpor utuh dan lazim untuk mobil-mobil yang unit penjualannya tidak banyak karena biaya perakitannya akan menjadi tidak feasible.

Sedangkan CKD merupakan mobil yang diimpor dalam bentuk spare part mobil yang kemudian dirakit menjadi mobil dan dalam hal penentuan harga jual CKD, komponen harga di Indonesia yakni:

  • PPN 10%
  • PPh 7,5%
  • PPnBM dan Bea masuk 20%-50% (tergantung dari jenis kendaraan)
  • Biaya pengiriman dari negara asal
  • Margin profit distributor lokal

Berdasarkan keterangan diatas, tidak heran jika coupe dibanderol dengan harga yang tinggi di Indonesia. Tingginya harga tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor.

Spesifikasi jenis mobil Coupe

Saat ini coupe termahal dipegang oleh Rolls Royce Wraith yang dipatok dengan harga yang sangat tinggi, yakni Rp25 Miliar. 

Mungkin kamu juga penasaran seberapa bagusnya mobil ini sampai dibanderol dengan harga yang selangit. Berikut spesifikasi lengkap dari coupe Rolls Royce Wraith.

Eksterior

Berbicara tentang desain, pastinya pecinta mobil manapun sudah memahami dengan desain yang diusung oleh mobil-mobil dari Rolls Royce. 

Sama halnya dengan model mobil satu pabrikannya ini, Rolls Royce Wraith juga memiliki desain yang elegan dan mewah.

Fokusnya pada kemewahan, mobil ini didesain memanjang dengan ukuran wheelbase yang besar. Hal tersebut memungkinkan kabinnya untuk memiliki ruang yang lebih leluasa.

Interior

Mobil ini mendesain bagian interior dari Rolls Royce Wraith sedemikian rupa agar bisa memaksimalkan pengalaman berkendara bagi para konsumennya. 

Bagian interiornya terdapat penggabungan bahasa desain yang modern serta ruang kabin yang leluasa dan nyaman.

Ruang kabin mobil ini memiliki kain pelapis yang menggunakan material kain halus berkualitas tinggi dan dipadukan dengan jahitan berwarna kontras yang elegan. 

Di sepanjang panel instrumen dan pintu-pintu, terdapat aksen kayu yang menambah kesan mewah dan elegan.

Kursi-kursi yang ada di dalam kabin mobil memiliki pilihan ventilated seats dan kursi dengan pemijat untuk memberikan kenyamanan yang lebih. 

Bukan hanya itu, multimedia display sebesar 10,3 inch berkualitas high definition dan sudah disematkan fitur hiburan di mobil ini.

Mesin

Mobil ini adalah mobil paling bertenaga yang pernah diproduksi Rolls Royce yang dibekali dengan mesin V12 (12 silinder) Herculean 6,6 ltr berbahan bakar bensin. 

Mesin mobil yang satu ini semakin bertenaga karena sudah dilengkapi dengan twin turbocharger, serta dihubungkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan.

Menghasilkan tenaga sebesar 624 HP pada putaran mesin 5.600 rpm, sedangkan torsinya sendiri bisa mencapai 800 Nm pada putaran 1500-5500 rpm. 

Mobil ini membutuhkan waktu 4,6 detik untuk melesat hingga kecepatan 100 km/jam dengan kecepatan maksimalnya 300km/jam.

Tips dari Lifepal! Bagi kamu yang tertarik untuk membeli coupe ini, sebaiknya jangan terburu-buru untuk langsung membeli. 

Sesuaikan dulu dengan budget yang kamu miliki. Lebih baik lagi jika kamu riset dan lakukan perbandingan harga dipasaran siapa tahu ada promo dan diskon. 

Satu hal lagi, usahakan agar kamu membayar dengan DP yang tinggi agar kamu terhindar dari angsuran bulanan yang terlalu mahal dan ingat untuk selalu menabung dengan sabar dan konsisten ya! Semoga tips ini bermanfaat.

Manfaatkan asuransi mobil untuk perlindungan mobil

Kalau kamu memiliki kendaraan mahal seperti coupe, sebaiknya berikan perlindungan untuk mencegah kerusakan dan penurunan nilai atau harga. Salah satu caranya dengan menggunakan asuransi mobil.

Asuransi mobil bisa menanggung sebagian besar biaya perbaikan mobil ketika mobil mengalami kerusakan, khususnya bila kerusakan tersebut disebabkan oleh kecelakaan.

Pasalnya, biaya perbaikan atas kerusakan mobil pasti tidak murah. Apalagi untuk mobil mewah, spare part yang diperlukan untuk perbaikan juga akan memakan biaya lebih tinggi. Untuk lebih jelasnya, simak video berikut.

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Jenis yang pertama adalah asuransi all risk yang menanggung segala jenis risiko, baik kerusakan ringan hingga berat.

Jenis yang kedua adalah asuransi TLO atau Total Loss Only, yaitu asuransi mobil yang menanggung kerugian besar yang nilai kerugiannya mencapai 75 persen harga kendaraan pada saat itu.

Mana jenis asuransi mobil yang paling cocok untukmu? Untuk tahu jawabannya, coba ikuti kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini.

Pertanyaan seputar mobil Coupe

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.