7 Ciri-ciri Matahari Mobil Rusak dan Tips Merawatnya

Sulitnya memasukkan atau memindahkan gigi merupakan ciri ciri matahari mobil rusak. Matahari kopling mobil atau biasa disebut dengan clutch cover atau dekrup atau rumah kopling adalah salah satu komponen pendukung pada kopling mobil.

Sedangkan fungsi kopling mobil sendiri adalah untuk menghubungkan putaran tenaga mesin ke transmisi, mendukung operasional sistem transmisi mobil, dan membuat mobil berhenti saat akan oper gigi tanpa harus mematikan mesin mobil.

Oleh karena itu, bila kamu mendapati mobil sulit melakukan oper gigi atau memasukkan gigi saat mesin masih menyala maka mungkin saja itu ciri ciri matahari kopling mobil rusak. 

Artikel ini akan membahas lebih lengkap tentang matahari kopling mobil, ciri ciri matahari kopling mobil rusak sampai tips merawat kopling mobil.

Apa itu matahari mobil

Matahari kopling atau clutch cover  merupakan rumah bagi beberapa komponen kopling seperti pressure plat, pegas diafragma dan release bearing atau deklaher. Kenapa disebut matahari kopling karena bentuknya mirip dengan matahari makanya disebut matahari kopling.

Ada dua jenis clutch cover yakni clutch cover yang menggunakan pegas koil dan clutch cover yang menggunakan pegas diafragma. 

Pada artikel akan dibahas clutch cover yang menggunakan pegas diafragma. Matahari kopling terhubung dengan fly wheel menggunakan baut. Tujuannya adalah agar matahari kopling dengan mudah menekan kampas kopling

Pastikan bahwa baut tersebut sudah kencang sehingga pegas diafragma mendorong dengan maksimal pressure plat dan menjepitnya dengan kampas kopling.

Sedangkan pegas diafragma memiliki peran untuk menekan pressure plat agar pressure plat mampu memaksimal kerja matahari kopling dalam menekan dan menahan kerja kampas kopling. Peran release bearing atau deklaher adalah untuk menyeiramakan putaran flywheel dan mesin.

Secara sederhana, cara kerja komponen-komponen ini dimulai dari sisi release bearing atau deklaher yang tercapit dengan garpu transmisi atau release fork. Saat kamu menginjak pedal, maka release fork tersebut mendorong deklaher berputar dan maju menekan pegas diafragma.

Pegas diafragma akan menekan pressure plat sehingga terjepit dan menghentikan kerja kampas kopling yang sedang berputar. Kampas kopling erat kaitannya dengan sistem transmisi karena terhubung langsung dengan gear box.

Saat kampas kopling berhenti berputar, maka otomatis gigi yang ada di dalam gear box ikut berhenti bekerja, dengan begitu kamu akan dengan mudah melakukan perpindahan atau memasukkan gigi.

Penyebab matahari mobil rusak adalah kebiasaan buruk pengemudi yang sering menginjak pedal kopling, menyetel kopling terlalu tinggi, menginjak setengah pedal kopling atau menekan pedal kopling terlalu lama saat mobil melaju.

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang telah disebutkan tersebut membuat deklaher menempel terus-menerus pada pegas diafragma, sehingga diafragma menekan pressure plat untuk menjepit kampas kopling dan kampas kopling berhenti berputar.

Ciri ciri matahari mobil rusak

Kerja kampas kopling beririsan dengan poros yang berasal dari mesin dan poros menuju transmisi. Agar perpindahan transmisi atau saat memasukkan transmisi berhasil tanpa mematikan mesin mobil dibutuhkan matahari kopling untuk membantu menghentikan putaran pada kampas kopling sehingga gear box dapat berhenti dan gigi bisa dipindahkan atau dimasukkan.

Oleh karena itu, saat matahari kopling rusak maka segera lakukan perbaikan di bengkel mobil terdekat, khususnya bengkel spesialis kopling mobil . Berikut ini ciri ciri matahari mobil rusak.

1. Sulit mengoper atau memasukkan gigi saat mesin mobil menyala

Apabila mobil dalam keadaan mati otomatis suhu pada mesin mobil masih dingin sehingga akan dengan mudah memasukkan atau mengoper gigi. Lain halnya apabila mesin mobil sudah menyala tetapi kamu masih kesulitan memasukkan atau mengoper gigi, maka bisa jadi sumber masalahnya terletak pada matahari kopling.

2. Kopling mobil tidak bisa disetel rendah

Ciri ciri matahari mobil rusak lainnya adalah saat kamu ingin setel kopling rendah akan sulit sekali. Hal ini terjadi karena saat posisi kopling rendah, matahari kopling kesulitan untuk menetralkan kampas kopling sehingga sulit untuk memasukkan atau mengoper gigi.

3. Pedal kopling berat saat diinjak

Pernah kamu merasa berat saat menginjak pedal kopling mobil? Bila iya maka salah satu penyebabnya bisa jadi karena ada kerusakan pada matahari kopling. Saat itu terjadi slip transmisi, bila dibiarkan terus-menerus maka bisa jadi transmisi akan sulit dioper atau dimasukkan yang membuatnya berada di posisi netral terus-menerus.

4. Kopling sudah tinggi tetapi tetapi tidak bisa oper atau memasukkan gigi

Pada beberapa kasus juga ditemukan bahwa pengemudi suka menyetel kopling tinggi tetapi gigi tetap tidak bisa dimasukkan atau dioper. Bahkan untuk memindahkan gigi mundur saja tidak bisa. Hal ini terjadi karena pedal kopling setelah diinjak memberikan beban sehingga pegas diafragma bekerja. 

Namun yang terjadi adalah kampas kopling tidak bebas atau tidak berhenti. Dengan kata lain, kampas kopling malah ikut berputar terus-menerus yang membuat gigi pada gear box ikut berputar dan tidak berhenti.

Untuk memindahkan atau memasukkan gigi maka kamu harus menghentikan putaran gigi pada gear box terlebih dulu. Kejadian ini juga termasuk ke dalam ciri ciri matahari mobil rusak.

5. Terdengar suara cempreng saat pegas diafragma diketuk

Kamu bisa mengeceknya secara langsung dengan melihat kondisi matahari kopling tersebut. Ciri ciri matahari mobil rusak yang paling terlihat ada pada pegas diafragma. Coba ketuk pegas diafragma tersebut, apakah terdengar suara cempreng atau tidak.

Suara cempreng yang terdengar merupakan tanda bahwa pegas tersebut tidak lagi padat, lemah, dan kendur sehingga kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

6. Pressure plat terlihat, bergelombang, tidak rata, hingga retak

Letak pressure plat berdekatan langsung dengan kampas kopling. Pressure plat yang membuat kampas kopling berhenti berputar saat pedal kopling diinjak agar gear box berhenti dan gigi bisa dimasukkan. 

Akan tetapi, posisinya yang begitu dekat membuat kedua komponen ini, pressure plat dan kampas kopling, saling bergesekkan satu sama lain untuk menghentikan kerja kampas kopling. Karena gesekkan itulah yang membuat pressure plat lama-kelamaan jadi bergelombang, tidak rata, bahkan sampai retak.

Sekalipun kamu mencoba mengakali dengan mengamplas pressure plat tersebut, tetap saja pressure plat tidak bisa bekerja dengan efektif karena permukaannya yang sudah tidak rata seperti semula.

7. Release bearing atau deklaher mengeluarkan suara

Ciri ciri matahari mobil rusak yang terakhir adalah apabila kamu memutar atau menggoyangkan deklaher dan terdengar suara, maka segera ganti komponen deklaher tersebut dengan yang baru. Pasalnya, percuma saja bila kamu hanya mengganti kampas kopling tetapi tidak mengganti deklahernya.

Yang terjadi adalah, deklaher rusak tersebut akan menghambat dan mengikis kinerja kampas kopling. Lama-kelamaan, komponen lain yang ada di matahari kopling seperti pegas diafragma dan pressure plat jadi rusak sehingga seluruh komponen pada matahari kopling harus segera diganti.

Saat menemukan ciri-ciri matahari kopling rusak dan harus diganti, maka disarankan untuk mengganti seluruh komponen set kopling tersebut. Set komponen kopling yang dimaksud adalah kampas kopling dan matahari kopling, di mana matahari kopling terdiri dari pegas diafragma, pressure plat, dan deklaher.

Sekalipun beberapa komponen yang telah disebutkan sebelumnya masih terlihat bagus, tetapi nyatanya usia pemakaian set komponen kopling ini sama. 

Sehingga yang terjadi saat kamu hanya mengganti salah satu komponen saja adalah kamu akan datang lagi ke bengkel dalam waktu dekat untuk mengganti komponen lainnya yang tidak diganti.

Hal ini tentu membuat boros pengeluaran biaya servis mobil. Apabila kamu melakukannya dalam satu kali servis, maka kamu hanya akan dibebankan biaya bongkar kopling atau biaya jasa servis satu kali saja. 

Berbeda dengan kamu memutuskan untuk mengganti kampas kopling dan pegas diagframanya saja hari ini, lalu bulan depan kembali lagi untuk mengganti sisanya. Maka kamu akan mengeluarkan dua kali biaya bongkar kopling.

Tips merawat kopling mobil 

Peran set kopling cukup vital terhadap sistem mesin dan sistem transmisi mobil yang membuat dampaknya cukup fatal saat salah satu atau seluruh set kopling rusak. Berikut ini Lifepal punya tips untuk merawat kopling mobil agar berusia panjang.

Meminimalisir kebiasaan menggunakan setengah kopling saat berkendara

Kebiasaan menginjak pedal kopling setengah ini bisa mengancam keselamatan berkendara dan memperpendek usia pakai kampas kopling. Sebab, kampas kopling jadi cepat habis.  

Apabila kamu berada di kondisi yang mengharuskan menginjak setengah pedal kopling, maka kamu bisa menyiasatinya dengan tunggu suhu kopling telah menurun.

Melakukan penyetelan pada celah kopling mobil

Tujuan melakukan penyetelan pada celah kopling mobil adalah memperlancar transisi energi dari mesin sehingga kopling akan lebih nyaman saat digunakan. Cara melakukan penyetelan celah kopling mudah, yakni dengan memutar mur ke arah yang kamu inginkan.

Cek volume minyak rem secara berkala

Untuk mengecek volume minyak pada rem mobil, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui posisi pedal kopling. Selanjutnya baru kamu bisa memastikan bahwa volume minyak tersebut dalam batas normal.

Apabila volume minyak tersebut kurang, maka segera menambahkan minyak agar tidak terjadi slip kopling. Namun, jika yang terjadi sebaliknya di mana volume minyak berlebih maka kamu bisa mengurangi volume minyak tersebut agar terhindar dari dampak kopling blong.

Hindari memaksakan mobil melintasi medan jalan yang sedang banjir

Saat mobil melintas medan jalan yang sedang banjir, air banjir tersebut bisa masuk ke dalam mesin mobil dan merusak sistem kerja kopling. Kecuali mobil kamu telah dilengkapi dengan automatic transmission, maka hindari untuk berkendar melintas medan jalan yang tergenang air atau banjir.

Jangan memarkirkan mobil untuk waktu yang lama

Sekalipun kamu tidak memiliki agenda untuk keluar rumah, atau dilarang ke rumah seperti waktu pandemi tahun kemarin, atau bahkan kamu menggunakan moda transportasi lain untuk beraktivitas, kamu tetap harus memanaskan mesin mobil agar tidak merusak komponen di dalamnya.

Salah satu komponen yang mudah rusak bila kamu hanya memarkirkan mobil di garasi dalam kurun waktu yang cukup lama adalah kopling mobil. 

Oleh karena itu, kamu bisa berkendara sebentar meskipun hanya memutari kompleks perumahan atau sekadar berkeliling sore. Tujuannya agar mesin mobil, khususnya kopling dalam keadaan bagus.

Tips dari Lifepal! Jika kepalang kamu harus melakukan servis kopling mobil dengan mengganti semua komponen mobil, maka bagaimana cara menekan budget atau biaya servis mobil? Cara yang pertama adalah dengan menggunakan spare part mobil original, dengan begitu usia pemakaian spare part tersebut bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Selain itu, menggunakan bahan bakar minyak yang sesuai dengan ketentuan kendaraan. Rutin melakukan pengecekan dan servis mobil secara berkala. Terakhir menyicil biaya servis mobil ke dalam tabungan darurat agar bisa digunakan di saat genting.

Namun, seringnya justru tabungan atau dana darurat tersebut digunakan untuk kondisi darurat lain. Sebaiknya, simpang tabungan darurat untuk servis mobil tersebut ke dalam polis asuransi mobil. Melalui polis asuransi mobil, biaya darurat untuk kendaraan jadi aman tak tersentuh.

Manfaatkan asuransi mobil untuk meng-cover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa meng-cover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar ciri ciri matahari mobil rusak    

 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *