6 Penyebab Air Radiator Bercampur Oli Mesin Diesel

Ada berbagai penyebab air radiator bercampur oli mesin diesel, salah satunya adalah kerusakan atau pecahnya komponen o-ring cylinder liner dan bisa juga karena sebab-sebab lainnya. 

Apabila air radiator bercampur dengan oli mesin, tentu saja ini akan menimbulkan masalah yang cukup serius. 

Efek paling terasa adalah kinerja mesin mobil yang tidak maksimal, sehingga  menimbulkan rasa tidak nyaman saat berkendara. 

Penyebab air radiator bercampur oli mesin mobil diesel ini membuat volume air radiator menjadi berkurang secara mendadak. Selain itu oli mesin juga bisa berubah warna menjadi keputihan apabila bercampur dengan air radiator.

Ciri-ciri air radiator yang bercampur oli mesin diesel

Awalnya beberapa penyebab air radiator mobil bercampur oli mesin diesel mungkin tidak terdeteksi hingga munculnya tanda tertentu.

Biasanya air radiator yang bercampur dengan oli akan menunjukkan beberapa tanda atau ciri, di antaranya:

  • Akan muncul busa dan buih berwarna coklat muda pada radiator
  • Oli mesin yang seharusnya berwarna hitam gelap akan berubah menjadi coklat muda atau mirip kopi susu (bisa dilihat dari penutup cover atas atau stik oli)
  • Air radiator akan berkurang secara mendadak
  • Suara mesin diesel menjadi lebih kasar dan berisik dari biasanya 

Dengan mengenali beberapa tanda ini kamu bisa mengambil langkah penanganan lebih cepat, sehingga dapat mencegah kerusakan yang lebih parah. 

Penyebab air radiator bercampur oli pada mesin diesel dan cara mengatasinya

Kalau sudah muncul beberapa tanda di atas, maka hal yang perlu dilakukan adalah mengecek dan mencari apa yang kira-kira menjadi penyebab air radiator bercampur oli mesin diesel.

Umumnya penyebab air radiator bercampur oli mesin diesel ada pada beberapa komponen berikut:

1. Cylinder head bengkok atau melengkung

Kemungkinan penyebab air radiator bercampur oli mesin diesel yang pertama adalah pada komponen cylinder head yang melengkung atau bengkok yang disebabkan oleh overheat pada mesin. 

Overheat sendiri terjadi akibat mesin terlalu panas karena kekurangan cairan pendingin.

Cylinder head yang melengkung membuat adanya celah antara cylinder block dan gasket cylinder head, sehingga air radiator yang semua tertekan di mesin mobil akan keluar dan masuk ke dalam saluran oli mesin.

Untuk mengatasinya, kamu perlu membuka komponen cylinder head dan melakukan pengukuran kerataan dan tingkat lengkungan. 

Apabila lengkungan masih di bawah limit, maka kamu bisa melakukan bubut untuk meratakan permukaan cylinder head

Namun, apabila kelengkungan cylinder head sudah melampaui limit maka perlu dilakukan penggantian komponen yang baru. 

2. Water jacket pada cylinder block retak

Meski cukup jarang terjadi, namun retakan pada cylinder block juga patut dicurigai ketika air radiator mobil diesel kamu bercampur dengan oli mesin. 

Retakan ini umumnya terjadi pada dinding dekat cylinder liner di bagian bawah dan menyebabkan adanya kebocoran yang membuat air radiator menetes ke bawah bercampur dengan oli mesin. 

Jika penyebab air radiator bercampur oli pada mesin diesel kamu adalah retakan pada cylinder block, maka solusinya adalah dengan melakukan turun mesin mobil.

Setelah turun mesin kamu bisa melakukan penambalan pada bagian-bagian yang mengalami retak. Namun jika tambalan ini tak membantu, maka kamu perlu mengganti cylinder block dengan yang baru. 

3. Dinding water jacket pada cylinder head mengalami keretakan

Keretakan dinding water jacket pada cylinder head lebih umum ditemukan pada mobil yang sudah berumur tua, namun tetap ada kemungkinan terjadi pada mobil muda. 

Retak pada dinding water jacket terjadi karena adanya pengikisan akibat penggunaan cairan coolant yang kurang sesuai dengan karakter mesin mobil. 

Dalam beberapa kondisi tertentu coolant air radiator akan menjadi jenuh dan berubah, yang kemudian menyebabkan muncullah kristal-kristal kotoran dan akan terus mengalir mengikuti sirkulasi cairan pendingin. 

Kristal-kristal inilah yang menyebabkan kerusakan pada dinding cylinder hingga menyebabkan adanya keretakan hingga membuat air radiator keluar dan mengalir ke mesin mobil. 

4. Water plug bocor

Water plug atau plug coin yang bocor dapat memicu kebocoran air radiator. Ini merupakan komponen penutup water jacket yang dipasang di cylinder block dan cylinder head untuk mencegah kebocoran air radiator. 

Namun untuk kasus bercampurnya air radiator dan oli mesin umumnya kebocoran terjadi pada cylinder head karena komponennya yang terbuat dari besi dan mudah keropos. 

Jika penyebab air radiator bercampur oli mesin diesel adalah kebocoran water plug ini, maka solusinya kamu harus mengganti dengan yang baru. 

5. Oil cooler bocor

Oil cooler adalah komponen yang berfungsi untuk mendinginkan suhu pada oli mesin sebelum diedarkan ke seluruh bagian mesin, sehingga suhu oli dapat kembali dingin agar kinerjanya tetap maksimal. 

Kebocoran pada oil cooler ini bisa menjadi salah satu penyebab air radiator bercampur oli pada mesin diesel, yaitu karena adanya kerusakan pada gasket atau o-ring. 

Akan tetapi yang perlu diketahui adalah bahwa tidak semua mobil memiliki oil cooler ini. Jika ini yang jadi pemicunya, kamu bisa mengganti o-ring oil cooler dengan yang baru. 

6. Packing cylinder head rusak

Packing cylinder head merupakan komponen yang terletak diantara cylinder head dan cylinder block. 

Kerusakan pada packing cylinder head hingga menyebabkan bercampurnya air radiator dan oli mesin memang jarang ditemukan, namun dalam beberapa kasus tetap ada kemungkinan. 

Kerusakan pada komponen ini dipicu oleh korosi pada lubang penghubung antara cylinder block, water jacket, dan cylinder head.

Jika air radiator bercampur dengan oli dampak apa yang terjadi?

Jika air radiator bercampur dengan oli maka mesin bisa menjadi overheat karena air radiator akan cepat habis. Selain itu daya lumas oli yang bercampur dengan air radiator juga akan menurun, sehingga dapat merusak komponen mobil lainnya. 

Apakah air radiator mobil bisa masuk ke mesin mobil?

Air radiator mobil bisa masuk ke mesin apabila ada beberapa kerusakan pada beberapa komponen, seperti misalnya pada oil cooler, cylinder head, water jacket dan sebagainya. 

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Asuransi sudah seperti menjadi suatu keharusan untuk dimiliki di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu. Mengapa demikian?

Asuransi merupakan program pertanggungan yang bisa memberikan ganti rugi atas kerugian yang dialami oleh nasabah, maka dalam hal ini asuransi mobil akan memberikan pertanggungan untuk kerugian akibat kerusakan mobil.

Dengan adanya asuransi mobil, maka kamu tak perlu bingung jika terjadi resiko yang menyebabkan adanya kerugian finansial karena perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi. 

Adapun resiko yang ditanggung tentu bisa berbeda tergantung dari jenis asuransi mobil yang dipilih. 

Jika kamu memilih asuransi mobil all risk maka kamu bisa mendapatkan pertanggungan untuk segala jenis kerugian baik yang kecil hingga yang besar bahkan juga untuk resiko kehilangan.

Asuransi mobil juga menjaga agar kondisi keuangan kamu tetap stabil jika suatu saat terjadi resiko yang tidak diharapkan dan menyebabkan adanya kerugian, seperti misalnya tabrakan, tergelincir, terperosok, dan sebagainya.

Cek jenis asuransi mobil yang cocok untukmu dengan kuis asuransi mobil terbaik berikut ini. 

Tips dari Lifepal! Ketika kamu mendapati air radiator berwarna keruh dan berkurang signifikan, kamu harus segera melakukan pengecekan. Hal ini bisa menjadi tanda air radiator oli mesin diesel bermasalah. 

Jika hal itu terjadi, jangan dibiarkan saja karena masalah tersebut bisa merembet ke komponen lainnya. Segera bawa mobil kamu ke bengkel mobil terdekat, ya.

FAQ seputar penyebab air radiator bercampur oli mesin diesel

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.