6 Penyakit atau Masalah Innova Reborn Yang Perlu Diwaspadai

Kijang Innova Reborn merupakan salah satu mobil favorit bagi keluarga Indonesia karena tidak hanya prestise namun juga nyaman untuk dikendarai. Namun, ada sejumlah masalah Innova Reborn yang kerap dikeluhkan penggunanya. 

Terlepas dari beberapa “penyakitnya”, Innova Reborn memiliki banyak fitur menarik untuk menunjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara serta memiliki performa baik untuk cruising jarak jauh.

Mobil Innova Reborn secara garis besar tentu memiliki masalah dan penyakit yang cukup minim. Akan tetapi pada beberapa tahun pertama produksinya ada beberapa masalah yang kerap kali terjadi namun dapat diselesaikan dengan bantuan dari jaringan bengkel resmi dari merek ini.

Namun dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki, ada berbagai masalah Innova Reborn yang layak untuk kamu ketahui terlebih dahulu untuk dijadikan pertimbangan saat hendak membeli jenis mobil ini di masa yang akan datang. 

Masalah atau penyakit Innova Reborn

Saat ini, ada beberapa penyakit Innova bensin yang perlu untuk kamu ketahui. Sebab, meskipun memiliki berbagai fitur canggih untuk menunjang kenyamanan dan keamanan saat berkendara, penyakit Innova Reborn bensin tentu menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan.

Jika kamu memiliki rencana untuk memiliki mobil Innova sebagai kendaraan pilihan, maka ada beberapa penyakit Innova, khususnya Innova diesel yang wajib untuk diperhatikan, diantaranya adalah:

1. Terjadi bunyi dengung pada mesin transmisi

Salah satu kelemahan Innova diesel yang paling umum terjadi yaitu adalah adanya bunyi dengung yang mengganggu pada mesin transmisi. 

Umumnya, penyakit Innova diesel yang satu ini kerap kali dialami saat kendaraan melaju pada kecepatan sekitar 6-80 km/jam.

Mobil bunyi dengung ini biasanya terdengar dari belakang. Akan tetapi jangan khawatir, sebab penyakit Innova yang satu ini dapat diminimalisir dengan rutin melakukan ganti oli gardan serta menambahkan oli transmisi matik di bengkel terpercaya.

2. Mesin diesel seringkali ribut

Perlu diketahui bahwa mobil Innova memiliki dua jenis mesin yaitu bensin dan diesel. Keduanya tentu kerap kali menghadapi masalah yang berbeda. 

Kelemahan utama yang dihadapi oleh kelemahan Innova diesel yaitu adalah mesin 2GD-FTV  yang memiliki kapasitas 2.393 cc dengan tenaga 139 hp serta torsi 450 Nm.

Angka ini menunjukkan bahwa tenaga yang dimiliki oleh mesin cukup besar dan suara yang dihasilkan akan kasar sehingga akan mengakibatkan bunyi ribut saat dioperasikan.

3. Boros bensin

Jika jenis diesel memiliki kelemahannya sendiri, penyakit Innova Reborn bensin tentunya juga berbeda. Sebab, Innova Reborn bensin memiliki jantung pacu dengan kode 1TR serta kapasitas 1.988 cc, 138 hp dan torsi 190 Nm. 

Bahkan, mesin ini digolongkan sebagai mesin tua sejak generasi Innova pertama sehingga penyakitnya paling utama adalah borosnya konsumsi bahan bakar.

Mobil boros bahan bakar umumnya kurang disukai karena hanya akan membebani keuangan pemilik mobilnya di masa depan. Namun, jika kamu memiliki pertimbangan lain terkait hal ini tentu tidak masalah. 

4. Baut engsel jok tengah sering lepas

Ada berbagai penyakit dan kelemahan Kijang Innova matic lainnya yang dapat kamu temui, terutama baut engsel pada bagian tengah yang seringkali terlepas dari posisinya. 

Memang, ini bukan merupakan penyakit yang sangat mengganggu namun kamu perlu memperbaikinya untuk menambah kenyamanan kembali.

Bahkan kamu tidak perlu membawanya ke bengkel karena dapat langsung kamu perbaiki dengan menurunan bangku dan mengeluarkan baut yang lepas lalu dipasang kembali ke posisi sebelumnya.

5. Adanya gangguan pada filter solar

Penyakit Innova bensin dan diesel yang lainnya adalah adanya gangguan pada filter solar. Umumnya hal ini dikeluhkan pada beberapa pengguna Innova Reborn baru.

Seringkali gangguan ini ditandai dengan munculnya notifikasi pada instrument cluster sehingga membuat pengemudi menjadi tidak merasa nyaman saat berkendara.

6. Transmisi terasa kasar

Masalah Innova Reborn lainnya yang terkadang dirasakan oleh oleh beberapa pemilik kendaraan adalah terletak pada bagian transmisinya. Dimana transmisi akan terasa kasar atau jeduk saat menggunakan mode PWR.

Bahkan, kelemahan Kijang Innova matic untuk bagian transmisinya juga dapat terasa ketika mobil tidak bisa mundur walaupun tuas sudah dipindahkan ke posisi R. Namun juga transmisi manual, pindah gigi menjadi sulit untuk dilakukan.

Kamu bisa membaca artikel Lifepal mengenai transmisi matic tidak mau pindah gigi untuk mengetahui penyebab lain dari masalah sulit pindah gigi ini. 

Keunggulan mobil Innova Reborn 

Di luar segala masalah yang kerap kali terjadi, tentu ada banyak keunggulan mobil Innova sehingga layak untuk kamu pilih sebagai kendaraan andalanmu. 

Beberapa keunggulan mobil Innova Reborn ini antara lain adalah:

1. Fitur yang canggih dan lengkap

Kelebihan pertama yang membuat Innova Reborn semakin dikenal banyak orang adalah fiturnya yang selalu hadir dengan pembaharuan canggih dan lengkap untuk sekelas mobil keluarga di kelasnya. 

Fitur-fitur yang dihadirkan Innova Reborn ini mulai dari fitur keselamatan dengan Dual SRS airbags, Side Airbags, hingga Curtain Shield Airbags yang dapat membut proses berkendara menjadi lebih aman.

Selain itu, hadir juga fitur-fitur canggih lainnya mulai dari ABS & EBD, Vehicle Stability Controls, side impact beam, collapsible steering column, hingga seat belt pretensioner

Tidak hanya itu saja, beragam fitur hiburan menarik juga dapat kamu temukan pada Innova Reborn terbaru mulai dari LCD 8 inci,  serta socket daya di baris penumpang yg sebelumnya hanya ada pada bagian depan saja.

2. Kabin yang besar dan nyaman

Innova Reborn hadir sebagai mobil keluarga yang nyaman sehingga dapat memiliki rancangan kabin yang tidak hanya besar namun juga nyaman. Bahkan, kabin di desain luas dan tetap terasa lega walaupun terisi penuh 7-8 penumpang.

Adanya aksen panel kayu juga akan memberikan sebuah kesan premium dan mewah serta memberikan kenyamanan yang jauh lebih baik.

3. Perawatan mudah

Hebatnya, perawatan Innova Reborn juga cukup mudah karena berada dalam merek otomotif ternama di dunia. 

Bahkan kamu dapat menemukan dealer dan bengkel resmi Toyota hampir di seluruh wilayah Indonesia sehingga tidak perlu kamu khawatirkan saat terjadi gangguan yang tidak diinginkan.

Harga mobil Innova Reborn

Setelah mengetahui kelebihan dan masalah Innova Reborn lalu menjadi semakin untuk memilikinya, maka mencari tahu kisaran harganya menjadi hal yang penting. 

Sebagai bahan untuk pertimbangan, berikut adalah kisaran harga mobil Kijang Innova Reborn yang perlu kamu tahu. 

No Tipe Mobil Harga
1 Innova Reborn bensin tipe 2.0 G M/T 2017 Mulai dari Rp255 Juta
2 Innova Reborn bensin tipe 2.0 G M/T 2018 Mulai dari Rp235 Juta
3 Innova 2.0 G M/T Luxury 2019 Mulai dari Rp270 Juta
4 Innova 2.0 V A/T Mulai dari Rp345 Juta
5 Innova 2.0 G M/T BSN Mulai dari Rp342 Juta
6 Innova 2.0 G LUXURY M/T BSN Mulai dari Rp348 Juta
7 Innova 2.4 G M/T DSL Mulai dari Rp373 Juta
8 Innova 2.4 G A/T DSL Mulai dari Rp394 Juta
9 Innova 2.4 V M/T DSL Mulai dari Rp426 Juta
10 Innova 2.4 V A/T DSL Mulai dari Rp445 Juta
11 Innova 2.0 V LUXURY M/T BSN Mulai dari Rp397 Juta

Tips dari Lifepal! Ada berbagai masalah Innova Reborn yang terkadang harus dihadapi oleh pemilik mobil sehingga dapat kamu perhatikan dan jadikan bahan pertimbangan saat hendak memilikinya. Mulai dari transmisi yang dapat menjadi kasar, gangguan pada filter olar, muncul bunyi dengung yang mengganggu hingga mesin diesel menjadi ribut.

Namun jangan khawatir, sebuah semua masalah tersebut dapat diminimalisir dengan rutin melakukan pada mobil secara berkala dan menyeluruh.

Manfaatkan asuransi mobil untuk meng-cover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa meng-cover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar masalah Innova Reborn 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *