5 Tips Menghilangkan Kerak Pada Cat Mobil yang Efektif

Ada beberapa tips menghilangkan kerak pada cat mobil yang bisa kamu lakukan, namun kamu perlu mengetahui apa penyebab munculnya kerak tersebut.

Kerak pada cat mobil biasanya disebabkan karena jamur yang menumpuk, yang akibat tidak dibersihkan jamur tersebut menjadi semacam kerak. 

Munculnya jamur pada cat mobil sendiri bisa karena berbagai hal, dari mulai cuaca, kelembapan, sampai karena mobil yang jarang dibersihkan. 

Nah, dalam artikel ini Lifepal membahas bagaimana cara menghilangkan kerak pada cat mobil serta bagaimana merawat cat mobil agar awet. 

Tips menghilangkan kerak pada cat mobil 

Berikut beberapa tips menghilangkan kerak pada cat mobil yang bisa kamu lakukan. 

1. Gunakan bahan pembersih yang sesuai

Faktor pertama yang penting agar kerak pada cat mobil benar-benar bersih yakni menggunakan pembersih yang sesuai. Jangan cuma menggunakan air biasa karena itu tidak akan efektif. 

Gunakan sabun atau sampo pembersih yang khusus dibuat untuk cat mobil. Pembersih cat mobil biasanya mengandung hydrophobic polymer yang efektif membersihkan kotoran dan jamur pada body mobil. 

Ada juga bahan pembersih kerak yang lebih “alami” seperti menggunakan minyak zaitun atau air garam. Caranya cukup sederhana, cukup oleskan minyak zaitun atau garam pada body mobil yang ada keraknya. 

Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan menggunakan lap yang lembut. Jangan terlalu lama mendiamkannya karena bisa berakibat kurang baik pada tampilan kendaraan. 

2. Gunakan sikat atau lap yang lembut 

Tips menghilangkan kerak pada cat mobil yang juga tidak kalah pentingnya adalah menggunakan sikat atau lap yang lembut. 

Kamu bisa menggunakan kanebo lembut atau sikat gigi untuk membersihkan kerak pada body mobil. 

Usahakan untuk tidak menggosok permukaan mobil dengan keras karena bisa menyebabkan baret pada mobil. Cukup gosokan lap satu arah dengan hati-hati agar tidak merusak cat mobil itu sendiri. 

3. Pastikan kamu menggunakan air bersih 

Faktor lain yang juga tidak kalah penting untuk membersihkan kerak yakni kondisi air yang digunakan itu sendiri. Pastikan kamu menggunakan air bersih agar debu dan kotoran pada permukaan kendaraan benar-benar hilang. 

Jika air yang digunakan tidak bersih, misalnya menggunakan air sumur, partikel-partikel yang ada pada air tersebut malah akan menempel di body mobil. 

Air bersih akan mengangkat kerak pada mobil secara perlahan sehingga lebih mudah saat kamu menggosokkan lap atau sikat.

4. Gunakan pengkilap cat mobil

Setelah berhasil menghilangkan kerak pada cat mobil, kamu juga perlu mencegah keraknya kembali menggunakan pengkilap cat mobil. 

Selain mengilapkan cat mobil cat mobil agar seperti baru, pengkilap cat mobil juga berguna untuk melindungi body kendaraan dari kotoran dan jamur. 

Beberapa produk pengkilap mobil biasanya mengandung pelindung sinar UV sehingga mampu mencegah pudarnya cat mobil. Tentu, ini akan sangat bermanfaat sekali untuk kita yang tinggal di daerah khatulistiwa. 

5. Bawa mobil kamu ke bengkel auto detailing  

Bengkel auto detailing mobil adalah tempat yang memberikan layanan pembersihan mobil secara menyeluruh. 

Bengkel auto detailing biasanya memiliki beberapa layanan seperti paint correction yang membuat tampilan mobil jadi lebih kinclong. 

Teknik yang digunakan beragam, tergantung dari keperluan dari mobil itu sendiri. Bisa menggunakan teknik compounding, polishing dan glazing, atau coating.

Tetapi pada awalnya, mobil harus melalui proses pembersihan terlebih dahulu guna menghilangkan debu, kotoran, jamur maupun kerak pada cat mobil. 

Jika kamu menginginkan pembersihan body kendaraan yang lebih sempurna, bengkel auto detailing ini adalah opsi yang bagus. 

Tips merawat cat mobil agar awet 

Untuk menjaga cat mobil agar tetap awet dan kinclong, sebenarnya kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana. 

Ketimbang membersihkan kerak pada body mobil saat sudah parah, lebih baik jika kamu mencegahnya sejak awal. 

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan guna merawat cat mobil agar awet. 

1. Parkir mobil di tempat yang teduh 

Usahakan jika kamu memarkir kendaraan, parkir di tempat yang teduh. Parkir di area terbuka, yang terkenal sinar matahari langsung tidak bagus untuk body kendaraan. 

Sinar UV yang berlebihan bisa membuat cat mobil cepat memudar serta mengubah komposisi pada cat mobil. 

Cuaca di luar juga bisa menyebabkan kelembapan mobil lebih tinggi sehingga memunculkan jamur. Jika terpaksa parkir di luar, gunakan sarung mobil agar kendaraan tidak terkena sinar matahari langsung. 

2. Bersihkan body kendaraan secara teratur 

Usahakan pula untuk membersihkan mobil secara teratur, minimal seminggu sekali. Jika kamu sering melewati jalanan yang berdebu, sebaiknya bersihkan mobil setiap dua hari sekali. 

Kalau mobil dalam keadaan kering saat hendak dibersihkan, usahakan untuk membasahinya terlebih dahulu. 

Mengelap mobil saat masih kering bisa menyebabkan bekas goresan yang malah mengganggu penampilan mobil kamu. Hal ini terjadi karena partikel debu dan kotoran runcing malah menggores cat mobil saat dibersihkan. 

3. Selalu gunakan sarung mobil pada malam hari 

Tips merawat body mobil yang penting selanjutnya yakni menggunakan sarung mobil saat parkir di malam hari. Ini berlaku khususnya untuk kamu yang parkir di halaman terbuka. 

Saat malam hari, udara akan lebih lembab dan air embun bisa menyebabkan cat mobil memudar. Jika dibiarkan terus menerus, mobil akan mengalami retak-retak kecil karena ketahanan kendaraan juga berkurang. 

Pastikan mobil kamu menggunakan sarung mobil saat parkir di malam hari agar terhindar dari benda-benda yang bisa merusak body kendaraan. 

4. Langsung bilas setelah hujan 

Jika mobil kamu terkena hujan di jalan, segera bilas mobil kamu setelah sampai di rumah. Air hujan memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga bisa membuat cat mobil kamu memudar. 

Selain itu, kandungan asam juga bisa membuat karatan jika tidak dibersihkan dengan air tawar. Jadi, sangat disarankan untuk membilas kendaraan kamu setelah hujan. 

Demikianlah pembahasan mengenai tips menghilangkan kerak pada cat mobil. Semoga bisa bermanfaat, ya. 

Tips dari Lifepal! Usahakan untuk membawa mobil kamu ke bengkel auto detailing atau salon mobil secara berkala agar body kendaraan tetap kinclong dan cat mobil lebih terlindungi. 

Agar lebih mengurangi beban finansial akibat biaya perbaikan dan perawatan mobil di bengkel yang mahal, gunakan saja asuransi mobil all risk. 

Asuransi mobil all risk memberikan manfaat perlindungan dari kerusakan baik ringan maupun berat sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang saat harus membawa mobil kesayangan ke bengkel. 

Cek jenis asuransi yang cocok dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini.

Pertanyaan seputar tips menghilangkan kerak pada cat mobil 

Asuransi all risk adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi atas kerusakan fisik mobil pada skala ringan hingga berat. Utamanya, produk asuransi ini sangat berguna untuk memproteksi mobil baru.

Meski begitu, bagi kamu pemilik mobil lama atau mobil bekas dapat memanfaatkannya juga jika butuh perlindungan secara menyeluruh atau komprehensif. 

Melalui manfaat tambahan, nasabah asuransi all risk juga bisa mendapatkan jaminan ganti rugi unit baru andai mengalami musibah kehilangan mobil akibat tindakan sabotase atau pencurian.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.