2 Cara Mengecilkan Pipi, Lakukan Gerakan Ini !

Selasa, 9 Agustus 2022 – 07:38 WIB

VIVA Lifestyle  – Cara mengecilkan pipi sepertinya cukup banyak dicari dan dibutuhkan, terutama bagi para wanita yang kerap menganggap pipinya sendiri chubby atau biasanya disebut tembem. Pipi tirus pun menjadi keinginan hampir semua wanita, padahal bentuk wajah dan rahang tiap orang berbeda-beda.  

Memiliki kelebihan berat badan atau bengkak di pipi memang bisa membuat seseorang merasa frustrasi, lagi-agi terutama bagi para wanita. Meski tidak mungkin menurunkan berat badan hanya di satu bagian tubuh, ada beberapa strategi yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan pipi. 

Kamu bisa memulainya dengan mengubah pola makan dan gaya hidup. Kemudian, coba lakukan latihan untuk sebagai upaya cara mengecilkan pipi. Lantas bagaimana caranya? Mengutip dari wikiHow, berikut ini cara mengecilkan pipi yang bisa kamu lakukan. 

1. Cara mengecilkan pipi dengan melakukan gerakan latihan pipi

2 Cara Mengecilkan Pipi, Lakukan Gerakan Ini !

 

  1. Ucapkan “X” dan “O” secara berurutan sebagai cara mengecilkan pipi pertama yang bisa kamu lakukan. Mengucapkannya dapat membantu melatih otot-otot di pipi dan membuat wajah tampak lebih ramping. Ucapkan setiap huruf sebanyak 20 kali dan ulangi ini dua kali sehari. Kamu dapat melakukan latihan wajah ini di kamar mandi, saat berpakaian di pagi hari, atau bahkan saat sedang dalam perjalanan.
  2. Hisap pipimu seperti ikan. Tarik pipi ke dalam mulut dengan menghisapnya ke dalam. Kemudian, tahan pipi dengan posisi ini selama sekitar 3 detik dan lepaskan. Ulangi gerakan latihan ini sebanyak 20 kali sehari.
  3. Buka mulutmu lebar-lebar, tahan dan biarkan rileks. Buka mulut selebar mungkin, seperti jika kamu akan menggigit sesuatu. Kemudian, tahan posisi ini selama 5 detik. Setelah itu, rileks dan tutup kembali mulut kamu. Ulangi gerakan latihan pipi ini sebanyak 20 kali sehari.
  4. Desirkan udara di sekitar mulut. Desirkan udara seperti kamu berkumur dengan obat kumur. Lakukan gerakan atihan ini selama 5 menit per hari saja. Kamu dapat membaginya menjadi beberapa sesi 1, 2 atau 3 menit atau mencobanya secara sekaligus. Atau jika mau, kamu juga bisa mencoba berkumur-kumur di sekitar mulut untuk melatih otot pipi.
  5. Mengunyah sebatang permen karet setiap habis makan. Gerakan mengunyah yang berulang dapat membantu memperkuat rahang dan membuat pipi terlihat lebih ramping. Kunyah permen karet selama 5 sampai 10 menit setelah makan. Jika mengunyah permen karet membuat rahangmu sakit, segeralah berhenti dan jangan lakukan itu lagi. 
  6. Sering-sering lah tersenyum. Tersenyum juga ternyata dapat melatih otot-otot wajah dan mungkin mengalihkan perhatian dari pipi. Kamu bisa tersenyum dan menahan posisi tersebut selama 10 detik. Ulangi gerakan latihan pipi ini sebanayak 10 kali sehari.

2. Cara mengecilkan pipi dengan mengubah pola makan dan gaya hidup 

Makanan junkfood.

  1. Kurangi mengonsumsi garam dan gula. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi garam dan gula dalam pola makan sehari-harinya, maka tubuhmu cenderung akan menahan air. Dengan begitu, bisa dikatakan seperti kamu tidak minum cukup air, ini akan membuat wajah dan pipi terlihat bengkak dari semua air yang tertahan. 
  2. Meskipun kamu tidak bisa sepenuhnya berhenti mengonsumsi garam dan gula, cobalah mengurangi makanan asin atau manis dan makan makanan yang rendah garam atau gula. Alih-alih daging asin, pilihlah daging tanpa lemak seperti dada ayam tanpa kulit atau kalkun giling.
  3. Makan makanan sehat dan rendah kalori untuk menurunkan berat badan. Strategi terbaik untuk menurunkan berat badan di pipi adalah mengubah pola makan dan berupaya menurunkan berat badan secara keseluruhan. Identifikasi target berat badan dan jadikan ini sebagai tujuan hidup kamu. Kemudian, kurangi kalori dengan makan lebih banyak makanan sehat dan rendah kalori, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak.
  4. Minum lebih banyak air untuk meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi pipi menjadi chubby. Air sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan karena tidak mengandung kalori dan membantu kamu jadi merasa kenyang di antara waktu makan. Sementara itu, tidak terhidrasi air dengan baik dapat menyebabkan retensi air, yang dapat menyebabkan pipi terlihat bengkak.
  5. Hindari mengonsumsi alkohol atau menguranginya. Perlu kamu ketahui bahwa minum alkohol dapat menyebabkan pipi jadi terlihat lebih bengkak. Jadi, sebaiknya hindari minum alkohol dan mengurangi untuk mengonsumsinya. 
  6. Berolahraga selama 150 menit per minggu untuk membantu menurunkan berat badan. Jumlah tersebut adalah jumlah latihan kardiovaskular moderat yang disarankan. Melakukan jumlah latihan pada ini setiap minggu dapat membantu kamu membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan. Kamu dapat berolahraga selama 30 menit dalam 5 kali seminggu atau memecah 150 menit tersebut dengan cara berbeda yang kamu bisa.
  7. Lebih banyak tidur untuk dalam upaya penurunan berat badan. Tidur nyenyak setiap malam juga dapat membantu menurunkan berat badan, jadi jadikan tidur sebagai prioritas. Tidur cukup lah degan lebih awal untuk mendapatkan setidaknya 7 jam tidur per malamnya. Beberapa strategi lain yang dapat membantu mendorong tidur malam yang nyenyak diantaranya seperti berikut: Menjadikan kamar tidur tempat yang santai, seperti menyiapkan sprei yang nyaman dan menjaganya tetap bersih, sejuk, tenang dan gelap, mematikan layar setidaknya 30 menit sebelum tidur, seperti ponsel, komputer dan TV serta menghindari kafein di sore dan malam hari.

Itu lah sejumlah cara mengecilkan pipi yang bisa kamu lakukan agar pipi menjadi terlihat lebih tirus. Cara yang telah disebutkan di atas tidak akan langsung atau instan mengecilkan pipi, tapi perlu proses dan komitmen kamu yang melakukannya. Semoga tulisan tentang cara mengecilkan pipi ini dapat bermanfaat bagi kamu yang mencari dan membutuhkannya. 

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *