13 Daftar Mobil 30 Jutaan Bekas dan Cara Perawatannya

Mobil 30 jutaan masih banyak beredar di bursa jual-beli mobil bekas. Walaupun rata-rata mobil keluaran lama, tetapi daya melaju di jalan raya tentu masih baik.

Mencari mobil harga 30 jutaan bukan perkara mudah. Kamu harus lebih jeli dan rajin membandingkan kualitas antara satu mobil  dan yang lainnya. Tetapi berburu mobil bekas 30 jutaan masih sangat layak dilakukan. Siapa tahu, kamu bisa mendapatkan mobil keluaran tahun lama dambaanmu dengan harga miring atau bahkan bisa mendapatkan harga mobil di bawah 30 juta.

Namun perlu diingat saat membeli mobil bekas, jangan abaikan perawatan rutin. Karena semakin tua sebuah mobil, semakin banyak perhatian yang harus diberikan.

Apa saja mobil 30 jutaan bekas yang masih layak kamu beli dan bagaimana cara merawatnya? Simak ulasannya berikut ini.

Daftar mobil 30 jutaan bekas

Berikut ini daftar mobil bekas 30 jutaan yang bisa kamu pilih. Beberapa mobil ini masih memiliki mesin mobil yang bagus dan layak dikendarai.

1. BMW E30

Mobil tipe sedan ini diproduksi antara tahun 1982-1984 dan sempat digandrungi oleh pecinta mobil di dunia. Mobil ini memiliki dimensi dan eksterior yang padat dan sederhana. Namun karena model sederhana ini sudah jarang ditemui di desain mobil terbaru, maka BMW E30 layak dilirik sebagai koleksi mobil dengan harga tidak terlalu mahal.

Di Indonesia, mobil ini dibekali mesin 1.800 CC 4 silinder dengan sistem penggerak roda depan. Pada zamannya, mesin ukuran ini cukup istimewa dan andal.

Sebagai mobil mewah pada zamannya, mobil ini tentu dibekali interior yang nyaman dan praktis. Mobil ini mampu mengangkut 4 penumpang dengan ruang kabin yang luas dan bagasi yang cukup.

Harga mobil BMW bekas seri E30 berkisar 30 jutaan untuk kondisi yang memerlukan ekstra restorasi.

2. Daihatsu Zebra Espass

Siapa yang tidak mengenal mobil keluarga berbentuk persegi panjang ini? Daihatsu Zebra Espass hadir sebagai mobil keluarga yang mampu mengangkut hingga tujuh penumpang.

Daihatsu Astra Motor pertama kali memasarkan mobil ini pada tahun 1995 dan langsung disambut positif oleh konsumen.

Di pasaran saat ini, harga mobil ini untuk varian 1000 CC tahun 1989-1995 berkisar antara 10 sampai 25 jutaan. Sementara varian Neo Zebra berkisar antara 30 juta hingga 50 jutaan.

Kelebihan lainnya pada mobil ini yaitu irit bahan bakar, mesin yang bandel dengan perawatan mudah, suku cadang masih ditemukan di banyak toko, dan harga bekasnya sangat terjangkau.

3. Honda Accord Prestige

Mobil ini merupakan generasi ketiga Accord dan pertama kali dipasarkan tahun 1986. Kapasitas mesin Honda Accord Prestige cukup besar pada zamannya yaitu 1.995 CC. Namun, mobil ini masih menggunakan sistem penyaluran bahan bakar karburator.

Di pasaran, mobil ini dijual dengan harga Rp20 juta sampai Rp 30 jutaan.

4. Isuzu Panther

Harga mobil 30 jutaan berikutnya adalah Isuzu Panther. Mobil ini pernah menjadi mobil favorit sebelum segmen MPV seramai saat ini. Mobil Isuzu Panther keluaran generasi awal dibanderol dengan harga 30 jutaan untuk mobil bekasnya.

5. Mitsubishi Lancer DanGan

Mobil ini hadir di Indonesia sejak tahun 1988. Pada zamannya, mobil ini berkompetisi dengan BMW E30, Honda Grand Civic, Toyota Corolla Twin Cam, atau Mercy Boxer. Mobil ini dibekali mesin 1.500 CC sampai 1.800 CC, cukup baik di kelasnya.

Draingkum dari situs jual-beli mobil bekas, harga Mitsubishi Lancer DanGan berkisar antara 30 jutaan. Kalau mau lebih murah, pilhlah Lancer SL yang harganya antara Rp 15 juta sampi Rp 20 jutaan.

6. Suzuki Baleno Sedan

Sebelum mengusung wujud hatchback, Suzuki Baleno pernah hadir sebagai sedan. Suzuki Baleno generasi pertama mulai dipasarkan pada 1995. Mesin yang disematkan berkapasitas 1.600 CC 4-silinder.

Di bursa jual-belii mobil bekas, harga mobil ini berkisar antara Rp 27 juta sampai Rp 33 juta.

7.  Suzuki Jimny Katana

Mobil Jim berkapasitas 1000 CC ini pertama kali dipasarkan tahun 1986 dengan nama Suzuki Jimny 4×2. Modelnya yang unik dan kemampuan off road yang baik membuat mobil ini masih diburu sampai sekarang.

Mobil ini dijual mulai harga Rp 30 jutaan tergantung tahun dan kondisinya.

8. Toyota Corolla DX

Mobil Corolla terkenal dengan modelnya yang klasik dan timeless. Mobil Toyota Corolla DX merupakan generasi keempat Corolla yang dipasarkan di Indonesia. Mobil ini kerap mengalami perubahan, diantaranya tahun 1981 bentuk lampu depan dari bulat menjadi kotak. Kemudian tahun 1982 produsen melengkapi lampu sein di samping bodi depan dan lampu belakangnya.

Mobil bekas Toyota Corolla DX dipasarkan dengan harga Rp 21 juta sampai Rp 30 jutaan.

9. Toyota Kijang Super

Mobil ini disebut-sebut sebagai awal evolusi Kijang dari yang semula sebagai kendaraan komersial menjadi kendaraan penumpang. Toyota Kijang Super sendiri adalah generasi ketiga mobil Kijang.

Kapasitas penumpang yang mampu diangkut oleh Kijang Super yaitu tujuh penumpang, membuat mobil ini sangat mumpuni dan terkenal sebagai mobil keluarga.

Mobil Toyota Kijang keluaran 1994 bekas masih dibanderol dengan harga mulai Rp 31 jutaan, sementara keluaran 1996 dijual dengan harga Rp 38,5 jutaan.

10. Toyota Starlet

Toyota Starlet mulai dipasarkan di Indonesia tahun 1985 lewat model EP70. Pada tahun 1980, mobil ini disegarkan dengan peluncuran Starlet Kapsul dengan bodi yang lebih modern.

Salah satu tipe mobil Toyota Starlet yang sempat beredar di Indonesia adalah Starlet Turbo yang menggunakan mesin 4E FTE berkapasitas 1300 CC dan dilengkapi turbo Intercooler.

Untuk keluaran tahun 1994, Toyota Starlet dibanderol dengan harga Rp 37 juta.

11. Peugeot 406

Mobil produksi Eropa yang mulai dipasarkan tahun 1997 ini memiliki tempat tersendiri bagi para pecinta mobil. Salah satunya adalah performa mesin yang bandel dan irit bahan bakar.

Mobil Peugeot 406 keluaran tahun 1997 dibanderol dengan harga Rp 32 jutaan saja.

12. Suzuki Esteem

Mobil berjenis sedan ini pertama kali dijual tahun 1991. Desainnya simpel, namun performa mesinnya cukup gahar dan mumpuni untuk dipakai bepergian jarak jauh.

Harga mobil Suzuki Esteem keluaran tahun 1995 yaitu Rp 31 jutaan.

13. Toyota Corona 1996

Meski dikeluarkan cukup lama, mobil ini masih menjadi primadona bagi beberapa kalangan. Di Indonesia, mobil bekas Toyota Corona keluaran tahun 1996 dijual dengan harga Rp 37 juta.

Pilihan mobil 30 jutaan lainnya yaitu:

  • Toyota Kijang Super 1.8 M/T tahun 1996 harga Rp 37 juta
  • Toyota Starlet Kapsul 1.3 SE M/T tahun 1995 harga Rp 36,8 juta
  • Daihatsu Feroza 1.5 M/T tahun 1994 harga Rp 38,5 juta
  • Daihatsu Charade Classy 1.3 M/T tahun 1994 harga Rp 38 juta
  • Daihatsu Zebra 1.5 ZSX M/T tahun 2005 harga Rp 35 juta
  • Mitsubishi Lancer GLX 1.5 A/T tahun 1994 harga Rp 36 juta
  • Kia Carnival 2.5 A/T tahun 2000 harga Rp 35 juta
  • Honda Accord Cielo 2.2 A/T tahun 1994 harga Rp 35 juta
  • Hyundai Accent Verna GLS 1.5 M/T tahun 2002 harga Rp 35 juta

Itulah sejumlah mobil bekas yang dapat kamu jadikan pertimbangkan. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas, segera saja datang langsung ke dealer mobil bekas terdekat. 

Dengan datang langsung ke dealer mobil bekas, mungkin kamu bisa mendapatkan harga mobil bekas di bawah 30 jutaan.

Tips merawat mobil bekas

1. Membuat jadwal ganti oli

Jadwal ganti oli sangat penting untuk dirancang agar mobil senantiasa berada pada performa terbaiknya. Jika oli tidak diganti secara berkala, maka akan berpengaruh pada mesin yaitu cepat rusak.

2. Cek air radiator

Air radiator mobil harus selalu pada kondisi penuh. Hal ini bertujuan untuk mengaktifkan fungsi optimal mesin kendaraan dan meningkatkan kinerja mesin.

Selain itu, untuk radiatornya sendiri harus dilakukan pengecekan secara berkala untuk mencegah kerusakan lebih dini.

3. Membersihkan bagian filter kaburasi

Sangat penting untuk menjaga filter kaburasi. Sebab, saat bagian ini mulai tertutup kotoran, mobil akan sulit distarter.

Cara tepat untuk membersihkannya adalah menggunakan sikat gigi untuk membantu membersihkan kotoran yang menempel.

4. Pemeriksaan ban

Hal paling penting yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan ban mobil adalah perincian tekanan angin. Jangan sampai tekanan ban terlalu tinggi atau rendah.

5. Memanaskan mesin mobil

Biasakan selalu memanaskan mesin mobil terlebih dahulu sebelum membelinya. Apabila nyala mesin mobil stabil paling tidak 15 menit, maka kualitas mobil masih bagus.

Itu dia daftar pilihan mobil 30 jutaan dan cara merawatnya. Tertarik menambah koleksi mobil? Pastikan juga asuransinya, ya!

Cek mobil yang cocok untukmu

Yuk, cek jenis mobil apa yang cocok dengan kepribadianmu menggunakan kalkulator jenis mobil sesuai kebutuhan di bawah ini.

Tips dari Lifepal! Jika budgetmu terbatas, kamu bisa membeli mobil bekas seharga Rp30 jutaan. Meskipun murah, namun kamu tetap bisa mendapatkan mobil dengan kualitas yang bagus, ya.

Kamu bisa cek rekomendasi mobil bekas lainnya di Lifepal. Jangan lupa proteksi finansial kamu dengan asuransi mobil. Beli asuransi mobil di Lifepal bisa dapat diskon hingga 25%!

Pertanyaan seputar mobil 30 jutaan 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.